Breaking News:

Berita Langsa

Ketua PT Banda Aceh Kagum Usai Naik ke Menara Tower Mangrove Langsa, Pesan Terus Dijaga

Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh, Dr. H. Suharjono, SH, M.Hum dan rombongan, Jumat (16/9/2022) sore menaiki Tower Mangrove Forest Park

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
PT) Banda Aceh, Dr. H. Suharjono, SH, M.Hum (kiri) dan Pj Wali Kota Langsa Ir. Said Mahdum (kanan) saat berada di Menara Tower Mangrove Forest Park yang menjadi iconik Kota Langsa, di objek wisata Mangrove Kuala Langsa, Jumat (16/9/2022) 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh, Dr. H. Suharjono, SH, M.Hum dan rombongan, Jumat (16/9/2022) sore menaiki Tower Mangrove Forest Park yang menjadi iconik Kota Langsa, di objek wisata Mangrove Kuala Langsa. 

Pj Wali Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid langsung menyambut dan mendampingi Ketua PT Banda Aceh, bersama unsur Forkompinda, Plt. Sekda Muhammad Darfian ST, Kadisporapar, Dr. Iqbal M.Pd, Kabag Prokopim Sekda Kota Muzammil SSTP, MSP. 

Saat berada di puncak tower itu, Ketua PT Banda Aceh Dr. H. Suharjono, SH, M.Hum, sembari menikmati pemadangan hamparan pohon bakau (mangrove) dan laut lepas Selat Malaka, mengaku cukup mengagumi Tower Mangrove Forest Park Langsa.

Ketua PT Banda Aceh yang juga pegiat lingkungan ini juga merasa bangga bahwa tempat ini benar-benar dirawat dengan baik dan berbagai jenis pohon mangrove terjaga dengan baik di sini.

Baca juga: Usai Bertemu Menteri LHK, Objek Wisata Hutan Mangrove Kuala Langsa akan Segera Dibuka Kembali

"Saya bangga sekali melihat kawasan ini. Terimakasih kasih sudah menjaga lingkungan, semoga ini terus berlangsung sampai anak cucu kita dengan izin Allah, karena ini sesuatu hal yang dititipkan-Nya kepada kita," ujar beliau.

Sementara Pj. Walikota Langsa Ir Said Mahdum Majid, kepada Ketua PT Banda Aceh ini menjelaskan cikal bakal kawasan itu dikembangkan oleh Wali Kota Langsa sebelumnya Usman Abdullah, sehingga kini menjadi tempat wisata.

Pangdam IM, Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, SH dan Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, saat mengunjungi Tower Mangrove Kuala Langsa, beberapa waktu lalu.
Pangdam IM, Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, SH dan Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, saat mengunjungi Tower Mangrove Kuala Langsa, beberapa waktu lalu. (FOR SERAMBINEWS.COM)

Sebelumnya, terang Said Mahdum, kawasan manggrove tersebut sudah hampir punah tumbuhannya akibat pembalakan liar oleh oknum-oknum masyarakat untuk dijadikan kayu arang. 

Namun Pemerintah Kota Langsa yang memimpin saat itu berupaya tempat itu untuk makukan reboisasi atau penanaman ulang hutan yang sudah rusak dan menjaga berbagai jenis mangrove yang ada.

Selanjutnya pemerintah menyulap kawasan pesisir pantai ini sebagai salah satu tujuan wisata bagi masyarakat lokal, Nasional bahkan Internasional. 

Baca juga: Apes! Suami di Aceh VCS dengan Cewek Kenalan di FB, Ternyata Seorang Pria, Berujung Pemerasan

"Tower mangrove ini merupakan salah destinasi wisata andalan dan ditetapkan menjadi salah satu iconik Kota Langsa saat ini," paparnya.

Said Mahdum menambahkan, kehadiran pemerintah di kawasan mangrove ini menjadikannya objek wisata, maka dengan sendirinya bertanggung jawab memelihara dan menjaga ekosistem.

Kehadiran Pemko di sini menjadikan kawasan tersebut sebagai objek wisata, juga memberikan edukasi kepada masyarakat dan generasi muda betapa pentingnya menjaga ekosistem di kawasan hutan mangrove ini. 

Karena hutan bakau ini juga merupakan benteng terakhir untuk mengantisipasi terjadinya abrasi bahkan juga gelombang air besar (tsunami) yang bisa kapan saja datang. 

"Kemudian lokasi ekowisata mangrove Kuala Langsa ini juga telah memberikan peluang usaha dan mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar," tutup Pj Wali Kota. (*) 

Baca juga: Harga Emas Terjun Bebas, Segini Harga Emas Per Mayam dan Per Gram di Langsa Jumat (16/9/2022)


.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved