Breaking News:

Anggaran

Pj Gubernur Sampaikan Nota Keuangan Perubahan APBA 2022, Total Belanja Diusul Rp 16,706 T

Pj Gubernur Aceh, Ahmad Marzuki dalam pidatonya yang dibacakan Sekda Aceh yang baru, Bustami SE, MSi mengatakan, berdasarkan ketentuan pasal 117 Perat

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS.COM/ HERIANTO
Sekda Aceh yang baru, Bustami SE, MSi, mewakili Pj Gubenur Aceh, serahkan Nota Anggaran RAPBA 2023 kepada Ketua DPRA Samsul Bahri, pada acara Sidang ParipurnaDewan, Jumat (9/9) di Gedung Utama DPRA. 

Laporan Herianto l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pj Gubernur Aceh, Ahmad Marzuki, dalam sidang paripurna DPRA, pada hari Jumat (16/9) menyampaikan Nota Keuangan Perubahan APBA 2022 kepada DPRA dengan nilai belanja pembangunan Rp 16,706 triliun, bertambah Rp 536,066 miliar, dari belanja APBA murni 2022 Rp 16,170 triliun.

Sementara target pendapatan dinaikkan Rp 4,556 miliar, menjadi Rp 13,357 triliun, dari target pendapatan APBA murni. Sedangkan pembiayaan netto dianggarkan senilai Rp 3,349 triliun, meningkat Rp 531,509 miliar, dibanding pembiayaan netto dalam APBA murni 2022 Rp 2,865 triliun.

Acara sidang paripurna DPRA dengan agenda Penyampaian Nota keuangan Perubahan RAPBA 2022, dibuka oleh wakil ketua II DPRA, Hendra Budian, didampingi Ketua Samsuk Bahri dan Wakil ketua III, Safaruddin, wakil Ketua II, Dalimi, tidak hadir. Jumlah anggota Dewan yang hadir, juga sedikit hanya berkisar 30 orang dari total 81 anggota DPRA.

Pj Gubernur Sampaikan Struktur APBA-P 2022, Diharapkan Ditetapkan Paling Lama Akhir September

Pj Gubernur Aceh, Ahmad Marzuki dalam pidatonya yang dibacakan Sekda Aceh yang baru, Bustami SE, MSi mengatakan, berdasarkan ketentuan pasal 117 Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019, tentang Pengelolaan Keuangan Daerah menyatakan, bahwa kepala daerah wajib menyampaikan rancangan perda/rancangan qanun tentan perubahan APBD/APBA kepada DPRD/DPRA disertai penjelasan dan dokumen pendukung untuk dibahas bersama dalam rangka memperoleh persetujuan bersama paling lambat minggu kedua bulan September Tahun Anggaran berkenaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, kata Pj Gubernur Aceh, Ahmad Marzuki, alhamdulillah pada hari ini Jumat 16 September 2022, kami menyampaikan Rancangan Qanun Aceh Tentang Perubahan APBA Tahun Anggaran 2022, beserta Nota Keuangan yang disusun berdasarkan Nota Kesepakatan Hasil pembahasan antara Tim Banggar DPRA Aceh dengan Tim TAPA.

Secara umum, kata Pj Gubernur Aceh, kebijakan perubahan APBA TA 2022 dilakukan, adalah untuk menyesuaikan perkembangan, yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum anggaran murni, sehingga harus dilakukan pergeseran anggaran antar kegiatan dan jenis belanja.

Dengan demikian diharapkan APBA pasca perubahan , akan memiliki daya serap yang tinggi, sehingga SILPA Tahun Anggaran 2022 lebih rendah, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada sisi kebijakan belanja, menurut Pj Gubernur Aceh, RAPBA Perubahan 2022 sudah diselaraskan dengan isu-isu aktual saat ini, yaitu penurunan angka kemiskinan, pengangguran, stunting, penanganan inflasi daerah yang diamanatkan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Selain itu untuk memenuhi kewajiban pihak ketiga terhadap pekerjaan pekerjaan yang telah selesai dikerjakan pada tahun-tahun sebelumnya dan sudah memenuhi syarat pembayaran sebagaimana ketentuan perundang-undangan.

Ketua DPRA, Samsul Bahri, usai sidang paripurna yang dimintai tanggapannya mengatakan, Perubahan RAPBA 2022 ini, dilakukan Pj Gubernur Aceh, Ahmad Marzuki, untuk menyesuaikan kondisi yang berkembang dalam Tahun Anggaran 2022.

Besaran belanja yang diajukan Pj Gubernur Aceh dalam Nota Keuangan Perubahan RAPBA 2022, mengacu kepada dokumen perubahan KUA dan PPAS 2022 sudah disepakati belanja, pendapatan dan pembiayaan netto dengan Banggar DPRA.

Tambahan belanja senilai Rp 16,706 triliun dan pendapatan Rp 13,357 triliun, kemudian pembiayaan netto 3,349 miliar, dilakukan penanganan proyek-proyek yang bisa fungsional pada tahun ini, kemudian untuk menghindari terjadinya Silpa yang besar di akhir tahun, meningkatkan daya serap belanja pembangunan demi kesejahteraan rakyat.

Dalam usulan belanja pembangunan, sebut Ketua DPRA, Samsul Bahri, ada tambahan belanja sebesar Rp 536, 066 miliar. Untuk mengetahui penggunaan tambahan belanja pembangunan itu, wartawan dapat mewawancarai Wakil Ketua III DPRA, Safaruddin. Dia bersama anggota Banggar DPRA, yang telah melakukan pembahasan tambahan belanja pembangunan tersebut dengan TAPPA, sehingga dia lebih mengetahui pemanfaatan, tambahan  belanja pembangunan tersebut dalam Perubahan  RAPBA 2022.

Wakil Ketua III DPRA, Safaruddin mengatakan, tambahan belanja pembangunan yang diajukan PJ Gubernur Aceh Ahmad Marzuki, dalam Nota Keuangan Perubahan RAPBA 2022 nya itu, akan digunakan untuk penuntasan proyek-proyek dengan kontrak sistem multiyaars, agar bisa fungsional pada akhir tahun 2022 ini dan kegiatan lainnya.

Pj Gubernur Aceh, Ahcmad Marzuki, proyek, program dan kegiatan yang mengalami kekurangan anggaran untuk bisa fungsionalkan pada akhir tahun 2022 ini dan waktu untuk penyelesaian masih cukup sampai 20 Desember 2022, alokasi anggarannya perlu ditambah.

Kalau proyek, program dan kegiatan itu bisa fungsional pada akhir 2022, kata Safaruddin, tambahan anggarannya dimasukkan ke dalam Perubahan RAPBA 2022, sehingga pada RAPBA 2023, kita tidak perlu lagi untuk mengalokasikan anggarannya.

Terkait alokasi tambahan anggaran untuk kelanjutan program JKA, agar bisa sampai pada akhir Desember 2022, Safaruddin mengatakan, untuk program JKA, akan dilakukan penyesuaian kembali dengan program JKN KIS dari Pusat.

Program JKN KIS dari Kemenkes, ada mengalokasikan kuota asuransi kesehatan nasional untuk orang miskin di Aceh sebanyak 2,1 juta jiwa orang.

“Oleh karena itu, kita menunggu pengisian dan penampungan peralihan pemegang kartu JKA ke JKN dari BPJS Kesehatan dan sisanya baru kita cari sumber dana lain tahun depan,” ujar Safaruddin.(*)

Nakes Prioritas Divaksinasi Monkeypox

Semen Padang 3 vs 0 Persiraja, Takluk Akibat Kelelahan

Terbang ke Malaysia Masih Wajib Vaksin

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved