Breaking News:

Berita Langsa

Kerap Banjir, Saluran Induk Paya Bujok Seleumak Langsa Baro Perlu Segera Normalisasi

Kerap terjadi banjir, saluran induk di sepanjang Dusun Kurnia, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, perlu segera dilakukan normalisasi

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Salah seorang warga setempat mengamati saluran induk di Dusun Kurnia Gampong Paya Bujok Seleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa yang dipenuhi tumbuhan semak belukar. 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Kerap terjadi banjir, saluran induk di sepanjang Dusun Kurnia, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, perlu segera dilakukan normalisasi.

Pasalnya, selama musim penghujan rumah warga di daerah ini selalu ke banjiran akibat luapan air dari saluran yang tak sanggup lagi menampung debit volume air.

Selain itu, saluran iduk di Dusun Kurnia ini juga sumbat karena dipenuhi tumbuhan semak belukar dan sampah ranting pohon. 

"Selama ini kami yang tinggal di Dusun Kurnia Gampong Paya Bujuk Seleumak kerap mengalami banjir jika musim penghujan, karena air luapan saluran induk itu," ujar Sukri Asma, warga setempat, Selasa (20/9/2022).

Menurut Sukri, keberadaan saluran induk ini juga tidak layak dan harus dilakukan pembangunan, supaya air yang mengalir di saluran ini cepat dan lancar menuju muara akhir sungai.

Sehingga air tidak meluap dan menggenangi rumah-rumah warga yang ada di sekitar Dusun Kurnia daerah tersebut. 

"Saluran induk di Dusun Kurnia yang ada saat ini hanya ada mungkin sekitar 1 meter saja, belum lagi saluran juga ditutupi tumbuhan semak belukar," ujarnya.

Baca juga: TRAGIS Ibu dan 2 Anak Meninggal, Ini Benda Disamping Mayat, Suami Ungkap Pesan Terakhir Istrinya

Dia menambahkan, saluran induk ini mengaliri air dari perkebunan PTPN I sekitar Hutan Kota, serta permukiman warga dari arah Gampong Karang Anyar dan Ganoong Lengkong.

Namun keberadaan saluran induk ini sudah tidak layak karena tak mampu menampung debit air tjnggi terutama pada musim penghujan. 

Sudah selayaknya Pemko Langsa segera membangun saluran induk di Dusun Kurnia ini, minimal untuk sementara agar dilakukan pengerukan atau normalisasi saluran tersebut.

"Ini sekarang sudah masuk musim penghujan, kami sangat was-was, karena jika hujan lebat otomatis air meluap menggenangi rumah kami," papar Sukri yang juga Direktur LBH Bening. 

Sudah Usulkan Malui Dana RR ke BNPB 

Kadis PUPR Kota Langsa, Muharram, ST, MSi, mengatakan, pembersihan saluran induk di Dusun kurnia Gampong Paya Bujok Seleumak ini sudah diusulkan melalui dana Rehab Rekon (RR) ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

"Normalisasi atau pembersihan saluran induk itu menjadi skala prioritas untuk menyikapi kondisi luapan air dan keluhan masyarakat sekitar selama ini," sebut Muharram.

Baca juga: Harga Emas Naik, Segini Harga Emas Per Mayam dan Per Gram di Lhokseumawe Selasa (20/9/2022)

Akan tetapi, timpal Ladia PUPR, hingga saat ini usulan ke BNPB itu belum teralisasi dan pihaknya masih menunggu dari pihak BNPB tersebut. 

Diimformasikan Muharram, saluran induk dari Gampong Karang Anyar hingga ke Gampong Birem Puntong termasuk saluran induk Dusun Kurnia Gampong Paya Bujok Seleumak ini sudah masuk program untuk dilakukan pembersihan.

Pihaknya berharap usulan RR ke BNPB tersebut segera turun supaya permbersihan saluran induk dimaksud dapat segera dilalukan, sehingga air bisa lancat mengalir langsung ke muara akhir.(*)

Baca juga: Tangisan Hamidah yang Rumahnya Ambruk Diterjang Angin Kencang dan Hujan Lebat di Lhokseumawe

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved