Breaking News:

Berita Aceh Jaya

BPS Tetapkan Panton Makmur sebagai Desa Cantik, Sudah 172 Desa Se-Aceh Jaya, Ini Pesan Pj Bupati

Pencanangan Desa Cantik ini diresmikan Pj Bupati Aceh Jaya diwakili Plt Asisten III Khaizir, di Hotel Pantai Barat Calang, Aceh Jaya, Selasa (20/9/202

Penulis: Riski Bintang | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Pencanangan Desa Panton Makmur, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, sebagai sebagai Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik, yang ditetapkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Jaya. Pencanangan Desa Cantik ini oleh Pj Bupati Aceh Jaya diwakili Plt Asisten III Khaizir, di Hotel Pantai Barat Calang, Aceh Jaya, Selasa (20/9/2022). 

Pencanangan Desa Cantik ini diresmikan Pj Bupati Aceh Jaya diwakili Plt Asisten III Khaizir, di Hotel Pantai Barat Calang, Aceh Jaya, Selasa (20/9/2022).

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Desa Panton Makmur, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, menjadi satu dari 172 desa di Kabupaten Aceh Jaya yang dipilih untuk dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik

Penetapan Desa Cantik ini oleh Badan Pusat Statistik ( BPS) Kabupaten Aceh Jaya

Pencanangan Desa Cantik ini oleh Pj Bupati Aceh Jaya diwakili Plt Asisten III Khaizir, di Hotel Pantai Barat Calang, Aceh Jaya, Selasa (20/9/2022).

Kepala BPS Kabupaten Aceh Jaya, Ir Faridah Husna mengatakan pencanangan Desa Cantik ini sebagai langkah awal mewujudkan program Satu Data Indonesia atau SDI. 

Tujuannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan serta pemerataan pembangunan di tengah masyarakat.  

Baca juga: BPS Pidie Lakukan Sensus Penduduk Long Form, Sasar 8.320 Rumah Tangga

Desa Cantik adalah peningkatan sebuah program dalam kompetensi aparatur desa pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

"Sebelumnya pada tahun 2021 Desa Keutapang dicanangkan sebagai Desa Cantik di Aceh Jaya," kata Kepala BPS Kabupaten Aceh Jaya, Ir Faridah Husna.

Ia menjelaskan, Program Desa Cantik ini merupakan sebuah inovasi pembinaan statistik sektoral dari BPS Pusat yang bertujuan mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di seluruh instansi pemerintah.

Melalui kegiatan ini, Ir Faridah berharap Desa Panton Makmur, dapat menjadi contoh bagi desa lainnya untuk dapat meningkatkan perbaikan data monografi desa yang diperlukan dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan kecamatan.

Sementara, Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin, yang diwakili Plt Asisten III Khaizir, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPS Kabupaten Aceh Jaya yang telah menginisiasi pencanangan Panton Makmur sebagai Desa Cantik tahun 2022. 

Baca juga: Kunjungi BPS Aceh, Haji Uma Bahas Satu Data Indonesia dan Data Kemiskinan Aceh

"Kami selaku pimpinan daerah sangat mendukung program pencanangan Desa Cantik ini, mengingat program ini
sejalan dengan semangat satu data Indonesia, yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan,
evaluasi, dan pengendalian pembangunan yang dimulai dari tingkat desa atau gampong," kata Khaizir.

Ia menambahkan, pencanangan Desa Panton Makmur sebagai Desa Cantik tahun 2022 ini merupakan sebuah anugerah bagi Kecamatan Krueng Sabee. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved