Breaking News:

Berita Abdya

Jenazah Korban Hilang di Sungai Abdya Berhasil Ditemukan

Masyarakat langsung mengambil jenazah korban ke sungai untuk di bawa ke pinggir sungai.

Penulis: Taufik Zass | Editor: Taufik Hidayat
Dok SAR
Tim gabungan terdiri dari personil Satgas SAR Aceh Barat Daya (Abdya), Satgas SAR Aceh Selatan, Pos Basarnas Meulaboh Aceh Barat, BPBD Abdya, Tagana Abdya, TNI/Polri dan masyarakat sedang mengevakuasi jenazah korban hilang di sungai, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Upaya pencarian terhadap Sudirman (60), warga Gampong Alu Seulaseh, Kecamatan Jumpa, Kabupaten Abdya yang dikabarkan hilang terseret arus Sungai Alue Seulaseh, pada Rabu 21 September 2022, sekira pukul 16.45 WIB membuahkan hasil.

Jenazah korban berhasil ditemukan oleh warga yang tergabung dalam tim pencarian pada Kamis (22/09/2022) sekira pukul 16.30 WIB. Dimana saat itu, salah seorang warga Alue Selaseh melihat jenazah korban hanyut terbawa arus sungai di kawasan Gampong Padang Geulumpang, Kecamatan Jeumpa dalam posisi telungkup.

"Kronologis, korban ditemukan pada pukul 16.30 WIB oleh tim dari masyarakat Alue Selaseh. Saat itu mereka melihat korban hanyut dalam posisi telungkup di sungai kecil Desa Padang Geulumpang. Awalnya masyarakat tidak berani mengambil langsung, sehingga mereka menunggu tim SAR," kata Ketua Tagana Abdya, Yasri.

Karena saat itu tim SAR yang juga sedang melakukan upaya pencarian dengan menyisir daerah aliran sungai tersebut terlalu lama sampai di lokasi temuan, akhirnya masyarakat langsung mengambil jenazah korban ke sungai untuk di bawa ke pinggir sungai.

"Selanjutnya mereka memberi info kepada tim SAR, kemudian tim SAR menuju ke TKP untuk mengevakuasi korban yang berada di pinggir sungai. Korban di ambil menggunakan perahu karet untuk di bawa ke mobil ambulance menuju ke rumah sakit untuk divisum, setelah itu baru di bawa ke rumah duka," pungkas Yasri.

Dantim Pos Basarnas Meulaboh, Budi Perdana Yandri kepada wartawan mengatakan, korban telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di sungai. "Lokasi ditemukannya jenazah korban berjarak 6 kilometer ke arah hilir dari lokasi kejadian," ujarnya.

Saat ini lanjutnya, jenazah almarhum Sudirman telah dievakuasi dan dibawa pulang ke rumah duka di Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa dengan menggunakan Ambulance Puskesmas Alue Pisang. "Kita mengucapkan terimakasih kepada tim yang telah melakukan pencarian terhadap korban hilang yang telah berhasil ditemukan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim gabungan terdiri dari personil Satgas SAR Aceh Barat Daya (Abdya), Satgas SAR Aceh Selatan, Pos Basarnas Meulaboh Aceh Barat, BPBD Abdya, Tagana Abdya, TNI/Polri dan masyarakat setempat terus melakukan pencarian terhadap korban hilang di sungai setempat hingga Kamis (22/9/2022) hari ini.

Korban atas nama Sudirman (60), warga Gampong Alu Seulaseh, Kecamatan Jumpa, Kabupaten Abdya ini dikabarkan hilang terseret arus sungai Alue Seulaseh, pada Rabu 21 September 2022, sekira pukul 16.45 WIB.

Dantim Pos Basarnas Meulaboh, Budi Perdana Yandri kepada wartawan mengatakan, dihari pertama pencarian (Kamis ini) tim gabungan menyisir sungai Alue Seulaseh dengan menggunakan tiga unit rabber boud.

"Pencarian dilakukan dengan cara menyisir, satu unit rabber boad Pos Basarnas Meulaboh menyisir dari lokasi Jembatan Pulau Kayu ke arah hulu," ujarnya. 

Sedangkan lanjutnya, satu unit perahu karet Polisi Airud menyisir dari Jembatan Pulau Kayu ke arah hilir, dan BPBD menyisir dari lokasi kejadian ke arah bawah atau hilir.

"Pencarian dihari pertama ini terhalang karena banyaknya ranting - ranting pohon di tengah sungai. Namun kita tetap melakukan pencarian," sebutnya seraya menambahkan, dihari pertama pencarian sejak pagi hingga siang masih nihil.

"Sejak pagi hingga siang, korban hilang belum kita temukan, dan kita akan kembali melanjutkan pencarian hingga sore," pungkasnya.(*)

Baca juga: Pengadilan Kejahatan Perang Kamboja Perkuat Hukuman Seumur Hidup ke Khieu Samphan

Baca juga: Pengadilan Kejahatan Perang Kamboja Perkuat Hukuman Seumur Hidup ke Khieu Samphan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved