Breaking News:

Video

VIDEO Siaga Hujan Deras Disertai Angin, BPBD Aceh Tamiang Gelar Pasukan

Selain banjir, Kabupaten Aceh Tamiang juga pernah mengalami kekeringan yang mengancam di beberapa kecamatan, terutama bagian hulu.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Yuhendra Saputra

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang melakukan gelar pasukan siaga bencana di lapangan kantor bupati setempat, Rabu (21/9/2022).

Apel akbar ini sebagai antisipasi cuaca ekstrim yang berpotensi terjadi di Aceh Tamiang.

Gelar pasukan yang diikuti personel kepolisan dan TNI serta unsur sukarelawan ini turut menampilkan alat evakuasi yang dimiliki BPBD Aceh Tamiang, di antaranya perahu karet, truk hingga tenda untuk menampung pengungsi.

Dandim 0117/Atam Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi selaku pimpinan apel saat membacakan amanat Bupati Aceh Tamiang, Mursil apel ini bagian dari respon dari prediksi BMKG yang memprakirakan Aceh akan mengalami curah hujan cukup tinggi disertai angin kencang.

Hal ini menyebabkan Aceh menjadi daerah yang rawan bencana.

Selain banjir, Kabupaten Aceh Tamiang juga pernah mengalami kekeringan yang mengancam di beberapa kecamatan, terutama bagian hulu.

Secara perlahan persoalan kekeringan ini dapat teratasi dengan adanya penambahan jaringan air bersih yang telah disediakan PDAM Tirta Tamiang di wilayah hulu.

Di akhir apel, Alfian menegaskan jajaran TNI akan mendukung penuh pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana. Dukungan ini ditegaskannya sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi TNI yang diatur dalam UU Nomor 34 tahun 2004.

Hal serupa disampaikan Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali yang secara tegas ia menyatakan keselamatan nyawa manusia merupakan hukum paling tinggi.(*)

Baca juga: VIDEO Wanita Iran Bakar Jilbab Dalam Aksi Demo Usai Seorang Perempuan Meninggal

Baca juga: Setelah Miliki Anak, Ria Ricis Pilih Legowo Menghadapi Hujatan : Aku Memaafkan Diri Sendiri

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved