Breaking News:

Berita Bireuen

IAI Almuslim Peusangan Bireuen Wisuda 300 Sarjana, Lima Lulus Cumlaude

IAI Almuslim, Peusangan Bireuen, Aceh, Sabtu (24/09/2022) mewisuda sebanyak 300 lulusan dari sejumlah fakultas, lima orang diantaranya lulus cumlaude

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Sebanyak 300 lulusan IAI Almuslim, Peusangan Bireuen, Sabtu (24/09/2022) diwisuda berlangsung di Auditorium Tgk Chik Abdurrahman kampus tersebut kawasan Paya Lipah, Peusangan Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Institut Agama Islam (IAI) Almuslim, Peusangan Bireuen, Aceh, Sabtu (24/09/2022) me wisuda sebanyak 300 lulusan dari sejumlah fakultas, lima orang diantaranya lulus
cumlaude.

Pelaksanaan wisuda bagi ratusan sarjana yang dihadiri para orang tua, unsur forkopimda Bireuen dan lainnya berlangsung di Auditorium Tgk Chik Abdurrahman kampus tersebut.

Wakil Rektor I IAI Almuslim, Dr Nazaruddin MA mengatakan, sebanyak 300 wisudawan lulusan.

Fakultas tarbiyah program studi Pendidikan Agama Islam 40 orang, prodi Manajemen Pendidikan Islam (22), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) delapan orang.

Kemudian dari fakultas Syariah dan Ekonomi prodi Perbankan Syariah (PS) sembilan orang, prodi Ekonomi Syariah (EK) enam orang dan prodi Hukum Keluarga Islam sebanyak 215 orang.

Baca juga: Gempa 6,4 SR Landa Meulaboh, Ini 4 Imbauan Penting dari BMKG untuk Masyarakat Aceh

Dari 300 orang lulusan, lima diantaranya lulus cumlaude mereka adalah Zaharatun Nabila  mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam, Syarifah Zuryati  program studi Manajemen Pendidikan Islam.

Seterusnya, Nisa Izza Sabila program studi Pendidikan Bahasa Arab, Nina Safira program studi Perbankan Syariah dan Fitra Qushay program studi Hukum Keluarga Islam. 

Rektor IAI Almuslim, Dr Saifullah SAg MPd dalam pidato sidang senat terbuka antara lain mengatakan,  IAI
Almuslim ini merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Swasta di Aceh yang memperoleh Peringkat Akreditasi Institusi B dari Badan Akreditasi Nasional Republik Indonesia.

IAI telah menjalin berbagai kerjasama internasional dalam rangka pengembangan sayap dan ekspedisi
global.

Seperti Malaysia, Thailand, Singapura dan Brunei Darussalam.

Baca juga: Dibangun Sejak 2019, Irigasi Alue Meuraksa Aceh Jaya tak Berfungsi, Penegak Hukum Diminta Bertindak

Ditambahkan, mulai tahun 2016 yang lalu telah mengirimkan mahasiswanya untuk melakukan Praktek Kerja ke sejumlah Negara Asean.

Namun dua tahun terakhir terpaksa kami hentikan program tersebut, karena wabah covid-19 yang menghantam berbagai belahan negara di dunia. 

IAI Almuslim secara internal terus melakukan berbagai pembenahan, baik dalam bidang akademik dan pembangunan, serta pengembangan Sumber Daya Manusia.

IAI Almuslim Aceh telah memiliki 16 dosen tetap bergelar doktor dan 21 orang lagi sedang menyelesaikan program doktoralnya di berbagai perguruan tinggi, dalam dan luar negeri.

"Insya Allah 2030, IAI Almuslim Aceh telah memiliki 60 dosen tetap bergelar doktor dan 10 dosen tetap bergelar profesor," ujar Rektor.

Baca juga: IAI Almuslim Kembali Pertahankan Akreditasi B dari BAN-PT

PJ Bupati Bireuen, Dr Aulia Sofyan PhD diwakili Sekdakab Bireuen dalam sambutannya antara lain mengharapkan kepada seluruh wisudawan/ wisudawati yang di wisuda hari ini, saya berpesan, yang saudara peroleh hari ini merupakan hasil kerja keras yang memerlukan pengorbanan baik biaya maupun pikiran.

Oleh karena itu, dengan gelar akademik yang telah diraih artinya saudara telah memiliki kesempatan
lebih luas untuk berkiprah, meniti karier dan menata masa depan yang lebih baik.

Walaupun ijazah dan pengetahuan teoritis yang didapat di masa studi bukanlah jaminan untuk dapat memperoleh pekerjaan ataupun berwirausaha dengan mudah. (*)

Baca juga: Wisatawan Padati Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh Menuju Sabang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved