Breaking News:

Berita Luar Negeri

AS Kirim Kapal Induk, Korea Utara Bersiap Uji Rudal Balistik dari Kapal Selam

Militer Korea Selatan telah mendeteksi tanda-tanda Korea Utara sedang bersiap untuk menguji rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam

Editor: Muhammad Hadi
KCNA via KNS/AP PHOTO
Militer Korea Selatan telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara mungkin sedang bersiap untuk menguji rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM), kantor berita Yonhap melaporkan pada hari Sabtu (24 September), beberapa hari sebelum kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris Foto yang didistribusikan oleh pemerintah Korea Utara ini menunjukkan apa yang dikatakan sebagai rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 sebelum uji tembak, di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara pada 24 Maret 2022. 

SERAMBINEWS.COM - Ketegangan di kawasan semenanjung korea makin memanas.

Hal ini dipicu oleh tanda-tanda pergerakan militer Korea Utara dalam rangka persiapan untuk tes peluncuran rudal balistik.

Bila biasanya uji coba rudal balistik melalui daratan, kali ini Korea Utara melakukan pengujian melalui kapal selam

Foto ilustrasi Kapal Induk Ronald Reagan milik Amerika Serikat bersama kapal militer lainnya dan pesawat tempur saat ketegangan di Laut China Selatan
Foto ilustrasi Kapal Induk Ronald Reagan milik Amerika Serikat bersama kapal militer lainnya dan pesawat tempur saat ketegangan di Laut China Selatan (KEENAN DANIELS / US NAVY / AFP)

Uji coba melalui kapal selam lebih sulit dari pengujian melalui daratan yang sudah umum terjadi.

Makanya bila Korea Utara makin sempurna dalam pengujian rudal balistik melalui kapala selam, maka ini menjadi ancaman besar bagi para musuhnya, terutama Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Baca juga: Korea Utara Luncurkan 30 Percobaan Rudal Balistik Selama 2022, Paksa AS Akui Sebagai Kekuatan Nuklir

Militer Korea Selatan telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara mungkin sedang bersiap untuk menguji rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM).

Demikian kantor berita Yonhap melaporkan pada hari Sabtu (24 September), beberapa hari sebelum kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Militer mendeteksi persiapan minggu ini di Sinpo, Provinsi Hamgyong Selatan, Korea Utara, Yonhap melaporkan, mengutip sumber militer Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya.

Ini sejalan dengan laporan think tank yang berbasis di AS minggu ini, yang mengutip citra satelit komersial.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengetahui tanda-tanda dan gerakan yang menunjukkan provokasi Korea Utara, termasuk SLBM, kata kantor kepresidenan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Jepang 2022 Mulai Pukul 11.00 WIB, Siaran Langsung di Trans7

Wakil Presiden AS Harris akan mengunjungi kawasan itu minggu depan dan bertemu dengan para pemimpin Jepang dan Korea Selatan.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan pada briefing pada hari Jumat bahwa uji coba nuklir atau provokasi lainnya mungkin terjadi selama perjalanan Harris ke wilayah tersebut.

Tetapi mereka tidak memiliki prediksi atau pengumuman untuk dibuat.

Sebuah kapal induk AS tiba di Korea Selatan pada hari Jumat untuk pertama kalinya dalam sekitar empat tahun.

Kapal induk bergabung dengan kapal militer lainnya untuk berpartisipasi dalam latihan bersama dengan pasukan Korea Selatan.

Baca juga: Rusia akan Beli Jutaan Roket dan Peluru Artileri dari Korea Utara untuk Perang di Ukraina

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Korea Utara Diduga Sedang Bersiap Melakukan Uji Coba Rudal Balistik dari Kapal Selam",

 

 

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved