Breaking News:

Berita Aceh Tengah

KIP Aceh Tengah Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah mengadakan kegiatan sosialisasi verifikasi administrasi perbaikan keanggotaan Partai Politik

Editor: bakri
IST
Komisioner KIP Aceh Tengah foto bersama dengan peserta sosiasisasi verifikasi administrasi perbaikan keanggotaan Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2024, di Hotel Grand Bayu Hill Takengon, Sabtu, (24/9/2022). 

TAKENGON - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah mengadakan kegiatan sosialisasi verifikasi administrasi perbaikan keanggotaan Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2024, di Hotel Grand Bayu Hill Takengon, Sabtu (24/9/2022).

Kegiatan itu diikuti peserta dari partai politik, baik nasional maupun lokal Aceh, yang terdiri dari pimpinan parpol beserta Penghubung atau LO.

Yang menjadi narasumber dalam sosialisasi itu yaitu Ketua KIP Aceh Tengah yang juga Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Sertalia SPd dan Ketua Divisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Hubungan dan Partisipasi Masyarakat, Mukhlis SS dan yang menjadi moderator dalam giat ini yaitu Kasubbag Teknis dan Humas, Zainal Arifin ST MA.

Ketua KIP Aceh Tengah mengatakan, KIP Aceh Tengah sebagai lembaga penyelenggara Pemilu sudah melakukan verifikasi administrasi kepada 24 Partai Nasional dan 3 (tiga) Partai Politik Lokal Aceh serta 11.784 dokumen persyaratan keanggotaan Parpol.

“Verifikasi ini dilaksanakan berdasarkan amanat PKPU Nomor 4 Tahun 2022, walaupun selama proses verifikasi administrasi ini dimulai sejak 16 Agustus hingga 9 September 2022 KIP Aceh Tengah mengalami berbagai kendala,” kata Sertalia.

Dia menyebutkan kendala yang dihadapi KIP Aceh Tengah dalam melaksanakan verifikasi administrasi diantaranya server yang belum siap pada Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), serta perubahan regulasi yang sangat cepat.

“Kami terus berusaha responsif terkait perubahan regulasi yang sangat cepat tersebut,” tambahnya.

Baca juga: Komisioner dan Sekretaris KIP Provinsi Aceh Kunjungi KIP Aceh Tengah

Baca juga: KIP Aceh Tengah Koordinasikan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan I

Selanjutnya, Mukhlis dalam pemaparannya mengatakan Parpol diharapkan memanfaatkan secara baik momen verifikasi administrasi perbaikan yang telah diberikan.

“Karena setelah itu tidak ada lagi masa perbaikan, sehingga parpol non Parlemen Treshold yang tidak lulus tahap administrasi keanggotaan tidak dapat melanjutkan ke tahapan verifikasi faktual,” jelas Mukhlis.

Sekretaris KIP Aceh Tengah, M.Sofyan, M.Si mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi teknis pelaksanaan Verifikasi Administrasi Perbaikan dalam hal ini khususnya kepada Pimpinan Parpol di tingkat Kabupaten Aceh Tengah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Partai Politik di Kabupaten Aceh Tengah memiliki kesamaan pandangan dan sikap dalam pelaksanaan verifikasi administrasi perbaikan yang akan dihadapi,” ucap Sofyan.

Dia juga menyebutkan, KIP Aceh Tengah juga membuka layanan Helpdesk Tanggapan Masyarakat terhadap keabsahan dokumen persyaratan partai politik.

“Dimana masyarakat yang melaporkan dirinya terdaftar pada aplikasi Sipol, sementara yang bersangkutan bukan merupakan anggota partai Politik,” tambah Sekretaris KIP Aceh Tengah. (rd)

Baca juga: KIP Aceh Tengah Sosialisasi Pemilu 2024 kepada Mahasiswa KKN dan Pemilih Pemula di Silih Nara

Baca juga: KIP Aceh Tengah Satker Terbaik Kedua Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved