Breaking News:

Belanja Online

TikTok Shop jadi Pilihan Favorit Orang Indonesia Belanja Oline, Ini Sebabnya

Menurut riset Populix seperti dilansir KompasTekno, Minggu (23/9/2022), ke depannya, pengguna TikTok Shop akan terus didominasi oleh perempuan, teruta

Editor: Ansari Hasyim
Mstar
Hati-hati saat melakukan belanja online. 

SERAMBINEWS.COM - Rata-rata orang Indonesia menghabiskan uang untuk belanja online lewat media sosial adalah sekitar Rp 275.000 setiap bulannya, sebut Populix dalam laporan terbarunya yang dirilis Jumat (23/9/2022).

Tak hanya itu, ada sekitar 31 persen dari responden ternyata juga turut membeli handphone dan aksesorinya melalui social commerce.

Masyarakat Indonesia juga mengatakan akan tetap menggunakan TikTok Shop dan Facebook Shop, serta mempertimbangkan untuk lebih banyak menggunakan Instagram Shopping untuk berbelanja di masa depan.

Dari segi pengguna, saat ini, TikTok Shop merupakan medium yang paling banyak digunakan oleh perempuan.

Sedangkan WhatsApp dan Instagram Shopping paling banyak digunakan oleh konsumen laki-laki berusia 36-45 tahun.

Beli Bahan Baku Lewat Belanja Online, 4 Warga Sumenep yang Bikin Mercon Ditangkap

Menurut riset Populix seperti dilansir KompasTekno, Minggu (23/9/2022), ke depannya, pengguna TikTok Shop akan terus didominasi oleh perempuan, terutama mereka yang berusia 18-25 tahun yang tinggal di kota-kota kecil di seluruh Pulau Jawa.

Sementara Instagram Shopping diprediksi akan didominasi oleh konsumen dengan status sosial ekonomi (Socio-Economic Status/SES) atas, dan WhatsApp akan lebih banyak digunakan oleh generasi yang lebih senior.

Laporan yang berjudul "The Social Commerce Landscape in Indonesia" tersebut melibatkan sekitar 1.020 responden usia 18-55 tahun yang tinggal di Indonesia.

Kronologis Bocah Iseng Belanja Online Lebih dari 34 Paket COD, Keluarga Syok Hingga Berakhir Damai

Responden memberikan pendapatnya soal social commerce pada periode 28 Juli hingga 9 Agustus 2022.

Berdasarkan laporan Populix tersebut, social commerce alias berbelanja daring (online) lewat platform media sosial semakin diminati oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan adanya 86 persen dari total responden yang pernah berbelanja online melalui platform media sosial.

Dari berbagai media sosial yang ada di Indonesia, TikTok Shop menjadi platform media sosial yang paling sering digunakan untuk berbelanja online di Indonesia.

Jumlahnya mencapai 45 persen. Setelah TikTok Shope, media sosial lain yang paling banyak digunakan untuk belanja masyarakat Indonesia adalah WhatsApp (21 persen), Facebook Shop (10 persen), dan Instagram Shopping (10 persen).

Sedangkanuntuk membeli produk seperti pakaian (61 persen), produk kecantikan (43 persen), serta makanan dan minuman (38 persen).

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Orang Indonesia Makin Gemar Belanja Online lewat Media Sosial, Terbanyak di TikTok Shoop

Baca berita lainnya di sini

Mutiara Raya Terakhir Lolos Delapan Besar Turnamen HUT Ke-60 PSKTS

Cobra Patuk Simpang Tiga Semifinal Sepakbola HUT Kamboja

Kisah Kesaktian Pedang Panglima Bedil Oyok Berusia 4 Abad Ungkap Keberadaan Kerajaan di Haloban

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved