Breaking News:

Berita Kutaraja

Biro Isra Setda Aceh Gelar Seminar Ketahanan Keluarga

Seminar parenting  tersebut  sebagai bentuk ketahanan keluarga dengan menghadirkan sejumlah pemateri.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Kepala Biro keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Setda Aceh, H Usamah El-Madny, SAg, MM. 

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Biro keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Setda Aceh menggelar Seminar Ketahanan Keluarga, Selasa (27/9/2022), di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh.

Seminar itu mengangkat tema  “Menjadi Orang Tua Sukses di Era Digital”.

Seminar parenting  tersebut  sebagai bentuk ketahanan keluarga dengan menghadirkan sejumlah pemateri.

Para pemateri antara lain, Dr Didik Hariyanto, Lc, MPI (Pimpinan Islamic Center Wadi Mubarak) dengan judul “Parenting Quranic; Mendidik Anak Ala Rasulullah”.

Lalu dr Rosaria Indah, MSc, PhD. (Dosen Fakultas Kedokteran USK, Praktisi Parenting) dengan judul, “Mendampingi Anak di Era Smart Digital”.

Hj Nur Asiah Ibrahim, SAg dengan judul, “Menjadi Orang Tua yang Dirindukan”.

Baca juga: Aceh Peduli ASI Kota Langsa Dilaunching, Gelar Seminar Menyusui 

Terakhir, Prof Drs Yusny Saby, MA, PhD (Guru Besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh) dengan judul; “Pesan-pesan Parenting dalam Kearifan Lokal”.

Seminar parenting tersebut diikuti oleh peserta dari instansi Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (PPPA), lembaga kemitraan kabupaten/kota di Aceh, dan akademisi.

Kegiatan dibuka oleh Usamah El-Madny, SAg, MM yang mewakili Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

Dalam sambutannya, Usamah menyampaikan kegiatan seperti itu perlu dilaksanakan secara teratur untuk mendidik orang tua agar sukses mendidik anaknya menjadi generasi emas di masa depan.

Sementara itu, dari hasil pemaparan  terdapat beberapa rumusan yang harus dilaksanakan oleh semua pihak.

Di era digital dengan pertumbuhan teknologi informasi yang begitu cepat, mustahil bagi generasi muda dan anak-anak kita tidak tersentuh dengan kemajuan teknologi.

Baca juga: RTIK Aceh Seminar Literasi Digital Saweu Gampong, Antisipasi Dampak Negatif Media Digital dan Sosmed

Menyikapi kondisi itu, orang tua perlu menyeimbangkan antara penggunaan teknologi secara berlebihan pada anak dengan mengajarkan mereka nilai-nilai pendidikan yang sarat dengan pesan-pesan moral Al-Quran dan hadits.

Lalu, pembentukan karakter anak yang berakhlak mulia dalam sebuah keluarga perlu menjadikan pribadi ayah bunda idola yang dikagumi oleh anak-anaknya; sahabat dan tempat yang saling membagi cerita.

“Pembentukan pola asuh orang tua yang berkarakter Qurani [parenting quranic], ibu bapa dapat mengembangkan pemahamannya dengan merujuk pada QS. Al-Baqarah [2]: 233, QS. An-Nisa’ [4]: 9, QS. Lukaman [31]: 13-19 dan As-Shaffat [37]: 102,” ujarnya.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved