Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Gelar Pendidikan Politik, Aceh Tamiang Pacu Motivasi Politik Kaum Perempuan, Wujudkan Pemilih Cerdas

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang bersama Kesbangpol Aceh melangsungkan pendidikan politik terhadap berbagai elemen masyarakat.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Bidang Poldagri Kesbangpol Aceh, Arsy M Yusuf (kiri), bersama Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tamiang, Tri Kurnia saat memberikan pendidikan politik kepada berbagai elemen masyarakat di Aceh Tamiang, Selasa (29/9/2022). 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang bersama Kesbangpol Aceh melangsungkan pendidikan politik terhadap berbagai elemen masyarakat.

Melalui pendidikan politik itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas demokrasi, khususnya pada Pemilu 2024.
Pendidikan politik yang dilangsungkan di Aula Setdakab Aceh Tamiang ini berlangsung selama tiga hari pada 27-29 September 2022.

Para peserta yang dilibatkan berasal dari latar belakang beragam, misalnya pengurus partai politik, organisas masyarakat, datok penghulu, pemuda/mahasiswa, para pelajar SMA, ormas perempuan bidang politik, dan unsur PKK kampung.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Aceh Tamiang, Tri Kurni ketika dalam pembukaan acara menjelaskan, kegiatan ini bagian dari persiapan menyambut Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

Dalam  hal ini, pemerintah daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Tamiang bersama Kesbangpol Aceh sepakat memberikan pendidikan dan peningkatan pemahaman etika dan budaya dalam berpolitik.

“Tujuannya untuk memberikan pembinaan warga negara dalam memahami, mencintai dan memiliki rasa keterikatan diri yang tinggi terhadap bangsa negara dan seluruh sistem maupun kelembagaan yang ada sebagai pilar atau pondasi bagi proses demokrasi,” kata Tri Kurnia.

Baca juga: 1.200 Kader Demokrat Pidie Ikut Rapat Konsolidasi dan Pendidikan Politik, Ini Targetnya

Dia berharap, dengan adanya pendidikan ini, masyarakat Aceh Tamiang termotivasi menggunakan hak berpolitik dalam menentukan pilihannya.

“Muaranya mewujudkan pemilih cerdas dan berkualitas,” kata Tri Kurnia.

Kepala Bidang Poldagri Kesbangpol Aceh, Arsy M Yusuf menekankan, pemahaman ini sangat penting untuk melindungi masyarakat dari kecurangan politik, salah satunya praktik politik uang.

Di sisi lain, kegiatan itu juga bertujuan melihat keterwakilan perempuan di legislatif yang hingga saat ini belum sepenuhnya mencerminkan harapan seluruh masyarakat.

“Ini diharapkan mampu menggerakkan perempuan dengan harapan keterlibatan perempuan di legislatif akan memberikan makna positif di indeks demokrasi di Aceh,” ujarnya.

Arsy turut menginformasikan bahwa, indeks demokrasi di Aceh saat ini berada di urutan pertama se-Sumatera dan urutan ketujuh secara nasional.

Baca juga: Pendidikan Politik Kader Parpol di Aceh Masih Rendah

“Ini capaian luar biasa, tetapi jika semua variabel indikator bisa tercapai, maka tidak menutup kemungkinan akan berada di posisi pertama nasional,” tandasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved