Breaking News:

Luar Negeri

UPDATE Demo Protes Kematian Mahsa Amini di Iran, Sudah 76 Orang Tewas dan Ribuan Ditangkap

Tindakan keras Pemerintah Iran terhadap demonstrasi atas kematian Mahsa Amini menewaskan sedikitnya 76 orang

Editor: Faisal Zamzami
AFP
Kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun telah menyulut demonstrasi besar-besaran di negara yang dilanda kemarahan atas daftar panjang keluhan. 

SERAMBINEWS.COM - Tindakan keras Pemerintah Iran terhadap demonstrasi atas kematian Mahsa Amini menewaskan sedikitnya 76 orang.

Laporan tersebut disampaikan oleh LSM Iran Human Rights (IHR) yang berbasis di Norwegia, Senin (26/9/2022).

Para pejabat mengatakan pada Senin bahwa mereka menangkap lebih dari 1.200 orang menyusul meluasnya demonstrasi nasional atas kematian Amini menyusul penangkapannya karena diduga melanggar aturan ketat negara tentang jilbab dan pakaian sederhana.

Para pengunjuk rasa turun ke jalan lagi pada Senin malam, seperti yang mereka lakukan setiap malam sejak kematian Amini pada 16 September, di Teheran dan di tempat lain, kata saksi mata kepada AFP.

Kerumunan di Teheran meneriakkan "matilah diktator", menyerukan diakhirinya lebih dari tiga dekade kekuasaan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, 83 tahun.

“Kami menyerukan kepada masyarakat internasional untuk secara tegas dan bersatu mengambil langkah-langkah praktis guna menghentikan pembunuhan dan penyiksaan para pengunjuk rasa,” kata Direktur IHR Mahmood Amiry-Moghaddam, dikutip dari kantor berita AFP.

Ia menambahkan, rekaman video dan sertifikat kematian yang diperoleh IHR menunjukkan bahwa amunisi langsung sedang ditembakkan terhadap pengunjuk rasa.

IHR menyebutkan, korban tewas tercatat di 14 provinsi Iran, dengan jumlah tertinggi yaitu 25 di Provinsi Mazandaran, sedangkan tiga kematian dicatat di Teheran.

IHR juga mengatakan, "Sebagian besar keluarga dipaksa untuk diam-diam mengubur orang yang mereka cintai pada malam hari dan ditekan untuk tidak mengadakan pemakaman umum."

"Banyak keluarga diancam dengan tuntutan hukum jika mereka memublikasikan kematiannya."

Menurut jumlah resmi Iran, 41 orang tewas termasuk beberapa anggota pasukan keamanan.

Kematian Mahsa Amini terjadi setelah penangkapannya oleh polisi moral, yang kemudian memicu demonstrasi nasional.

Perempuan berusia 22 tahun itu ditangkap karena diduga melanggar aturan ketat Iran tentang jilbab dan pakaian sederhana.

Baca juga: Iran Tuduh AS Langgar Kedaulatan Negaranya, Dukung Kerusuhan Sampai Meluas ke Seluruh Negeri

Hadis Najafi, Gadis 20 Tahun yang Tewas Ditembak 6 Peluru Saat Demo Tak Pakai Jilbab di Iran

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved