Breaking News:

Berita Bireuen

Abu Tumin Berpulang, Falevi Kirani: Hilangnya Panutan Umat

Anggota DPRA dari PNA M Rizal Falevi Kirani mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya salah satu ulama yang selama ini menjadi panutan.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Amirullah
YOUTUBE SERAMBI ON TV
Abu Tumin Wafat, Ribuan Orang Melayat ke Blang Bladeh Bireuen 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ulama kharismatik Aceh Tgk H Muhammad Amin bin H Mahmud (Abu Tumin Blang Bladeh) meninggal dunia, Selasa (27/9/2022).

Almarhum menghembus napas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Fauziah Bireuen sekitar pukul 15.45 WIB.

Anggota DPRA dari PNA M Rizal Falevi Kirani mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya salah satu ulama yang selama ini menjadi panutan.

"Aceh kembali menangis hilangnya panutan umat," katanya di Banda Aceh, Selasa (27/9/2022) malam.

Abu Tumin merupakan salah satu ulama kharismatik Aceh atau ulama tua yang berperan aktif dalam pembangunan sosial dan daerah.

Falevi menyatakan semasa hidup, Abu Tumin sebagai panutan rakyat Aceh. Politikus muda Partai Nanggroe Aceh ini sangat terkejut begitu menerima kabar duka. 

Baca juga: Abu Tumin, Ulama yang Kekeh Menjaga Martabat Aceh

"Abu Tu adalah sosok ulama yang punya ilmu siasah yang sagat bagus di samping beliau sangat menguasi ilmu-ilmu mantik, fiqih dan lain-lain," ujarnya.

Seperti diketahui, keluarga almarhum, Tarmizi ST, kepada Serambinews.com, kemarin, mengatakan, Abu sejak tiga hari lalu dibawa ke RSUD dr Fauziah karena kondisi fisiknya melemah dan mengalami sesak.

Lalu, menurut Tarmizi, pada Selasa (27/9/2022) sekitar pukul 15.45 WIB, Abu meninggal dunia.

Beberapa saat kemudian, jenazah almarhum dibawa pulang ke rumah duka di Dusun Mesjid, Desa Kuala Jeumpa, Kemukiman Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, menggunakan mobil ambulans rumah sakit tersebut.

Setiba di rumah, jenazah almarhum langsung difardhukifayahkan mulai dari dimandikan, dikafankan,dan dishalatkan.

Sementara pemakaman, berdasarkan hasil musyawarah keluarga, akan dilakukan Rabu (28/9/2022) pagi ini di kompleks masjid Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam, yang berjarak sekitar 200 meter arah timur rumah almarhum.(*)


 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved