Breaking News:

Berita Aceh Barat

Desa Pante Mutia Aceh Barat Operasikan 3 Boat BUMG, Begini Pembagian Penghasilannya

Boat sebagai salah satu inovasi gampong ini dikelola Badan Usaha Milik Gampong atau BUMG desa setempat bernama BUMG Mutia Jaya, Kecamatan Arongan Lamb

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Mursal Ismail
Kiriman Karmiza
Boat tempel milik BUMG Mutia Jaya, Gampong Pante Mutia, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, saat diresmikan untuk beroperasi, Senin (26/9/2022) 

Boat sebagai salah satu inovasi gampong ini dikelola Badan Usaha Milik Gampong atau BUMG desa setempat bernama BUMG Mutia Jaya, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Desa Pante Mutia, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat mengorbitkan pembangunan 3 unit boat temple 2 GT sebagai salah satu pendapatan asli gampong (PAG).

Boat yang merupakan program tahun 2021 lalu terealisasi di tahun 2022 ini telah dapat digunakan oleh masyarakat setempat.

Boat sebagai salah satu inovasi gampong ini dikelola Badan Usaha Milik Gampong atau BUMG desa setempat bernama BUMG Mutia Jaya, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat

Keuchik Pante Mutia, Karmizal, menyampaikan hal ini kepada Serambinews.com, Rabu (28/9/2022).

“Dengan adanya boat ini, tentu telah dapat membantu mengurangi angka pengangguran di gampong kami, sekaligus telah menjadi PAG di daerah kami saat ini,” kata Karmizal. 

Baca juga: BUMG Serga Guna Gampong Silolo Jual Perdana Beras Sebanyak 1 Ton

Karmizal mengatakan penghasilan yang diperoleh dari boat tersebut yang pergi ke laut untuk mencari ikan akan menjadi PAG tersebut.

“Penghasilanya dibagi dua, satu bagian kepada pekerja, dan satu bagian lagi untuk BUMG atau untuk gampong,” jelasnya.

Dikatakannya, bahwa setiap boat tersebut dikelola dua pekerja yang setiap harinya melaut, kecuali pada hari tertentu tidak melaut, seperti hari jumat dan hari-hari besar Islam.

Tiga unit boat tersebut mulai beroperasi sejak dua hari lalu setelah diresmikan oleh pemerintah gampong setempat. (*)

Baca juga: VIDEO Laba BUMG, Warga Rheum Timu Bireuen Dapat Paket Meugang

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved