Breaking News:

Berita Regional

Pangdam I/BB Lepas Keberangkatan 450 Satgas Pamtas Yonif 132/BS Sektor Utara RI-PNG 2022

Ia menjelaskan, prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 132/Bima Sakti telah diberangkatkan sebagai Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara pada Senin lalu.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Pangdam I Bukit Barisan (BB), Mayor Jenderal TNI Achmad Daniel Chardin resmi melepas 450 prajurit Yonif 132/Bima Sakti ke Provinsi Papua tahun 2022, di Pelabuhan Pelindo Dumai, Riau, Senin (26/9/2022). 

Laporan Zaki Mubarak | Riau

SERAMBINEWS.COM, PEKANBARU – Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 132/Bima Sakti telah diberangkatkan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan ( Satgas Pamtas) RI-PNG, Sektor Utara Tahun 2022, di Mako Yonif 132/BS, Salo, Riau.

Pelepasan 450 prajurit Yonif 132/BS ke Provinsi Papua diawali dengan upacara pengantaran Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara dan berangkat menggunakan KRI Banda Aceh-593 melalui Pelabuhan Pelindo Dumai.

Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi mengatakan, bahwa setiap panggilan tugas dalam operasi militer merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan.

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi prajurit yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab demi menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI,” kata Mayjen TNI Achmad Daniel, Rabu (28/9/2022), dalam siaran tertulis.

Ia menjelaskan, prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 132/Bima Sakti telah diberangkatkan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan ( Satgas Pamtas) RI-PNG Sektor Utara pada Senin (26/9/2022) lalu.

“Perlu dipahami bersama dan diwaspadai perkembangan situasi keamanan wilayah perbatasan merupakan daerah yang rawan terhadap aksi kelompok bersenjata,” kata Pangdam I/BB.

Baca juga: Pangdam IM Lepas 400 Satgas Pamtas Yonif RK 113/JS ke Perbatasan RI dan Papua Nugini

“Juga rawan pelanggaran lintas batas, penyeludupan, hingga pergeseran patok atau batas wilayah negara,” sebut Pangdam I/BB dalam amanatnya.

Untuk itu, Mayjen TNI Achmad Daniel berpesan kepada seluruh prajurit yang bertugas untuk tetap waspada, siap siaga, serta jangan pernah ragu dalam bertugas menegakkan integritas dan menjaga kedaulatan NKRI sesuai prosedur yang berlaku.

“Saat bertugas para prajurit harus bermoral dan beretika, mengedepankan operasi teritorial didukung operasi intelijen, dan operasi tempur secara profesional dan proporsional sesuai prosedur yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu, tambahnya, sebagai pesan kepada prajurit harus hormati kultur budaya dan adat istiadat masyarakat setempat.

“Serta rebut simpati, hati, dan pikiran mereka, jalin komunikasi yang harmonis dengan tetap berkoordinasi dengan aparat/instansi pemerintah setempat,” ucapnya.

Mayjen TNI Achmad Daniel menambahkan, agar prajurit dapat mengendalikan diri dalam situasi apa pun di medan tugas serta dapat menjaga martabat dan kehormatan Kodam I Bukit Barisan.

Baca juga: Ayah dan Anak Terduga KKB Tewas Ditembak Tim Satgas Pamtas, Pistol Berjenis Revolver Diamankan

"Selamat bertugas, semoga tanggung jawab yang diberikan oleh negara di pundak saudara-saudara bisa dilaksanakan sebaik-baiknya, dan kembali  dengan selamat," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan pelepasan tersebut, Gubernur Riau, Danrem 031/WB, Kapolda Riau,  Danlanud Roesmin Nurjadin, dan Danlanal Dumai.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved