Breaking News:

Internasional

Penduduk Mekkah Saksikan Ayat Pertama Al-Quran di Langit, Ditembakkan Dengan Sinar Laser

Penduduk Mekkah, Arab Saudi menyaksikan tampilan sinar laser yang memenuhi langit dengan ayat pertama Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.

Editor: M Nur Pakar
Supplied
Ayat pertama Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad ditampilkan melalui sinar laser di langit Jabal Al-Noor di Mekkah, Arab Saudi pada Selasa (27/9/2022) malam. 

SERAMBINEWS.COM, MEKKAH - Penduduk Mekkah, Arab Saudi menyaksikan tampilan sinar laser yang memenuhi langit dengan ayat pertama Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.

Ayat tersebut disebarkan di atas Distrik Jabal Al-Noor, 4 km timur laut Masjidil Haram di Mekkah dan rumah bagi Gua Hira, tempat nabi menerima wahyu pertama dari Malaikat Jibril.

Dr Fawaz Al-Dahas, Direktur Pusat Sejarah Makkah, mengatakan:

“Jabal Al-Noor memiliki nilai sejarah bagi umat Islam secara umum, dan merupakan salah satu situs sejarah dan arkeologi terpenting di Mekkah."

“Sepanjang sejarah, itu disebut Gunung Hira, tetapi dinamai Jabal Al-Noor (Gunung Cahaya) mengacu pada cahaya yang memancar ke seluruh bumi setelah ayat pertama Al-Qur'an."

'Bacalah dengan nama dari Tuhanmu yang menciptakan."

Baca juga: Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Memuji Isi Dokumen Mekkah, Utamakan Saling Menghormati

Dia menambahkan nabi tetap mengasingkan diri selama berhari-hari di Jabal Al-Noor, merenungkan kebesaran Tuhan dan menolak kemusyrikan.

Al-Dahas mengatakan tang membedakan Mekkah dari kota-kota lain di dunia adalah museumnya yang terbuka.

Dikatakan, semua gunung, lembah, batu, dan kuburannya mewakili sejarah yang unik, menceritakan kisah-kisah abadi tentang nabi dan para sahabatnya.

Abdullah Al-Azhari, seorang penduduk Jabal Al-Noor, mengatakan:

“Ayat pertama yang diturunkan dari Al-Qur'an dengan lampu laser pada Jabal Al-Noor memberikan dimensi spiritual ke tempat itu, menambahkan prestise."

Visi Arab Saudi 2030 bertujuan untuk memperkaya pengalaman keagamaan dan budaya pengunjung, terutama di situs-situs yang memiliki sejarah penting bagi umat Islam.

Baca juga: Gubernur Mekkah Pesan Arsitektur Kota Futuristik The Line. Kota Masa Depan Tanpa Jalan dan Mobil

Pameran laser diselenggarakan oleh Samaya Investment Co., yang juga membangun dua proyek budaya di Mekkah: Museum Wahyu di Jabal Al-Noor dan Museum Migrasi.

Pusat budaya ini ingin memperkenalkan pengunjung dengan sejarah dan warisan misi nabi, melalui presentasi dari era pra-Islam hingga saat ini.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved