Breaking News:

Video

VIDEO Ulama kharismatik Aceh Abu Tumin Dikebumikan di Kompleks Dayah Babussalam Putra Bireuen

Jenazah Abu Tumin dibawa dengan mobil ambulans, yang diiringi ratusan santri serta pelayat tiba di Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam....

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Hari Mahardhika

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Ulama kharismatik Aceh, Tgk Muhammad Amin Mahmud atau Abu Tumin (95), yang menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa (27/9/2022) pukul 15.45, dikebumikan di kompleks Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam Putra, Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (28/09/2022). 

Amatan Serambinews.com di lokasi, ribuan pelayat dari berbagai daerah dan kalangan terus berdatangan. 

Anggota Satlantas Polres Bireuen beserta tim gabungan dan para santri turut mengatur kelancaran arus lalu lintas. 

Untuk diketahui, pihak panitia mengimbau untuk tidak merekam foto maupun video saat prosesi shalat jenazah dan pemakaman dengan menempel kertas larangan pada tembok gerbang masuk masjid. 

Tarmizi, salah seorang keluarga almarhum mengatakan, sekitar pukul 08.30 WIB, jenazah Abu Tumin dibawa dengan mobil ambulans, yang diiringi ratusan santri serta pelayat tiba di Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam Putra dan kembali dishalatkan. 

Pelaksanaan shalat jenazah diimami oleh Abi Nas Jeunieb dan tausyiah Tgk Abdul Manan. 

Tarmizi juga menyebut, sebelum pemakaman, ada belasan kali dilaksanakannya salat jenazah di rumah Abu Tumin Blang Bladeh, Selasa (27/09/2022) kemarin. 

Adapun yang menjadi imam saat shalat di rumah, antara lain Tgk Abdul Manan dari Blang Jruen, Abu Kuta Krueng, Waled Nu dan teungku–tengku lainnya dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh. (*)


Narator: Suhiya Zahrati
Video Editor: Hari Mahardhika

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved