Breaking News:

Berita Sabang

Waspada! Awal Musim Penghujan Segera Tiba, BMKG Sabang Imbau Warga Siaga Terhadap Cuaca Ekstrem

“Untuk memasuki musim penghujan ini, akan terjadi hujan lebat, disertai angin kencang dan petir,” papar dia.

Penulis: Aulia Prasetya | Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Kepala BMKG Sabang, Teguh Suprapto, ST 

Laporan Aulia Prasetya | Sabang

SERAMBINEWS.COM, SABANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Maimun Saleh Sabang memprediksi akan terjadi curah hujan lebat sepanjang bulan Oktober 2022 hingga Februari 2023, di Kota Sabang.

“Pada setiap wilayah, berbeda-berbeda memasuki musim hujan. Untuk wilayah Kota Sabang, musim penghujan akan dimulai pada Oktober 2022, dengan puncak musim hujan pada Desember 2022,” jelas Kepala BMKG Sabang, Teguh Suprapto, ST saat diwawancarai  Serambinews.com, Rabu (28/9/2022).

“Walaupun secara umumnya puncak musim hujan di wilayah Aceh diperkirakan pada bulan November 2022,” urai dia.

“Kemudian, untuk akhir musim hujan akan terjadi diakhir bulan Januari atau awal Februari 2023,” papar Teguh Suprapto, ST. 

Lebih lanjut, Kepala BMKG Sabang menjelaskan, dalam menghadapi musim penghujan, Stasiun Meteorologi Kelas III Maimun Saleh Sabang terus berkoordinasi antar sektor maupun stakeholder terkait, dalam hal ini menyampaikan informasi terkini terkait kondisi cuaca di Kota Sabang.

Selain itu, pihaknya juga akan menyampaikan kepada masyarakat terkait kondisi cuaca melalui media sosial yang dimiliki oleh BMKG Sabang sehingga tidak ada korban bencana atau zero victim.

Baca juga: Aceh Memasuki Musim Hujan Ekuatorial, Gelombang Hingga 2,5 Meter

Tambahnya, mengingat akan memasuki musim penghujan, masyarakat yang berada pada sektor pertanian dapat memanfaatkan musim penghujan untuk menambah luas tanam, melakukan panen air hujan, dan juga mengisi waduk yang berguna pada periode musim kemarau yang akan datang.

Namun, BMKG tetap mengimbau warga agar waspada terhadap adanya potensi bencana jika curah hujan meninggi, seperti tanah longsor, banjir, maupun pohon tumbang.

“Untuk memasuki musim penghujan ini, akan terjadi hujan lebat, disertai angin kencang dan petir,” papar dia.

“Maka kami mengimbau kepada masyarakat agar menebang pohon yang sudah tua yang berpotensi tumbang, melihat kondisi tiang tiang listrik, dan memperbaiki tempat saluran irigasi sebelum memasuki musim penghujan,” imbau Teguh Suprapto.(*) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved