Breaking News:

Video

VIDEO HOAX Video Shalat Jenazah Ulama Aceh Abu Tumin Dihadiri Ribuan Jamaah, Ini Faktanya

HOAX Video Shalat Jenazah Ulama Aceh Abu Tumin Dihadiri Ribuan Jamaah, Ini Faktanya.

Editor: Aldi Rani

SERAMBINEWS.COM - Beredar luas di media sosial khusnya pada platform TikTok sebuah video yang memperlihatkan ribuan jamaah menghadiri shalat jenazah atas kepergian ulama Aceh, Abu Tumin.

Video tersebut berjudul "Subahanallah ribuan jamaah sahalat jenazah Abu Tumin" yang diunggah pada Rabu (28/9/2022) kemarin oleh akun TikTok @novi_81.

Sejak video itu diunggah, hingga kini Kamis (29/9/2022) pagi, video tersebut telah disaksikan lebih dari 28 ribu kali tayangan.

Tak sedikit warganet terkecoh dengan informasi tersebut dan ikut membagikannya ke berbagai platform media sosial lainnya.

Di kolom komentar, salah seorang warganet dengan akun TikTok @kentangmcd mengatakan, bahwa video tersebut adalah proses pemakaman seorang ulama dari Madura bukan ulama Aceh, benarkah demikian?

Setelah ditelusuri lebih lanjut, Serambinews.com menemukan fakta bahwa video berjudul "Subahanallah ribuan jamaah sahalat jenazah Abu Tumin" yang diunggah akun TikTok @novi_81 adalah video hoax alias berita palsu.

Pengunggah video TikTok juga telah meminta maaf kepada pengguna TikTok lainnya karena telah menyebarkan video hoax alias berita palsu.

Kebenaran video tersebut merupakan ribuan jamaah yang menghadiri pemakaman KH Fahrillah bin Abdullah Schal.

Beliau merupakan tokoh ulama Kabupaten Bangkalan di Pulau Madura, Jawa Timur, dan bukan ulama Aceh seperti yang diinformasikan dalam video TikTok sebelumnya. (*)

Editor: Aldi Rani
Narator: Siti Masyithah

Baca juga: CEK FAKTA: HOAX Video Shalat Jenazah Ulama Aceh Abu Tumin Dihadiri Ribuan Jamaah, Ini Faktanya

Baca juga: Masih Suasana Duka Atas Meninggal Abu Tumin, DKA Bireuen Tunda Parade Kesenian, Ini Jadwalnya

Baca juga: Selamat Jalan Abu Tumin

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved