Breaking News:

Info Singkil

Singkil Menuju Kota Adipura, Pegawai Gotong Royong Bersihkan Kantor Masing-masing, Termasuk Kadis

Seperti diketahui Singkil, masuk nominasi Kota Adipura. Agar bisa dinobatkan menjadi Kota Adipura, maka perkantoran pemerintah harus bersih. 

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Pegawai Dinas Perikanan Aceh Singkil, gotong royong bersihkan kantor dalam rangka wujudkan Singkil Kota Adipura, Jumat (30/9/2022) 

Seperti diketahui Singkil, masuk nominasi Kota Adipura. Agar bisa dinobatkan menjadi Kota Adipura, maka perkantoran pemerintah harus bersih. 

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Ada pemandangan berbeda di perkantoran Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Aceh Singkil

Jika sebelumnya bersihkan kantor, cat kantor, dan mengurus bunga hanya dilakukan pegawai yang telah ditetapkan, hari ini Jumat (30/9/2022) berbeda. 

Pasalnya, semua pegawai perkantoran terlibat gotong royong. Mulai dari kepala dinas hingga jajaran pegawai terendah. 

Bersih-bersih tersebut, merupakan bagian dari mewujudkan kantor bersih dan asri dalam rangka menuju Kota Adipura

Seperti diketahui Singkil, masuk nominasi Kota Adipura. Agar bisa dinobatkan menjadi Kota Adipura, maka perkantoran pemerintah harus bersih. 

Baca juga: Singkil Menuju Kota Adipura, Marthunis Minta Asrikan Lingkungan Perkantoran

"Singkil masuk nominasi Adipura. Kami bergotong royong bersama semua pegawai bersihkan kantor," kata Kepala Dinas Perikanan Aceh Singkil, Saiful Umar yang memimpin anak buahnya bersih-bersih. 

Pemkab Aceh Singkil, targetkan meraih penghargaan Adipura pada tahun 2023 mendatang. 

Mewujudkan target tersebut dimulai dengan kegiatan kantor asri festival (Kantrifes) pada tahun 2022 ini.

Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis, mengatakan kegiatan kantrifes ini dilaksanakan dengan swadaya oleh masing masing kantor pemerintah.

"Mari kita sisihkan sebahagian pendapatan kita untuk kegiatan ini, kapan lagi kita berkontribusi untuk daerah kita dan kantor kita," kata Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis 

Baca juga: Singkil Menuju Kota Adipura, Ratusan Relawan Bersihkan Pantai

Marthunis lantas meminta semua jajarannya menjaga kebersihan dan asrikan semua perkantoran pemerintah. 

Sebab untuk meraih Kota Adipura, salah satu syaratnya melalui penilaian prasarana dan sarana perkotaan yang berlokasi pada ibukota kabupaten/kota.

"Kebersihan kantor bukan hanya untuk mendapat Adipura, tetapi kantor pemerintah merupakan contoh bagi masyarakat. Kalau kantor pemerintah saja kotor tidak terawat, bagaimana dengan lingkungan yang ada disekitar kita," kata Marthunis.

Lebih lanjut Marthunis menegaskan bahwa sudah buat jadwal pelaksanaan kantor asri festival tahun 2022. Dimulai dengan tahapan sosialisasi, kemudian tahap persiapan kantor dan selanjutnya memasuki tahapan penilaian dan pengumuman.

“Timeline kantrifes tahun 2022 sudah kita susun, dimana mulai 27 September sampai dengan 9 Oktober seluruh kantor dalam Kota Singkil harus sudah melakukan persiapan prasarana dan sarana. Kemudian tanggal 10 sampai dengan 16 Oktober dilakukan tahapan penilaian dan 17 Oktober akan diumumkan apakah Kota Singkil layak menjadi nominasi peraih adipura tahun 2023," tutur Marthunis.

Baca juga: Singkil Masuk Nominasi Penerima Adipura 2023, Ini Persiapannya, Besok Pantai Pulau Sarok Dibersihkan

Pada bagian lain Pj Bupati meminta peran serta seluruh elemen masyarakat mendukung Kota Singkil meraih adipura tahun 2023. Menurutnya ada enam kriteria penilaian untuk meraih kota adipura. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved