Breaking News:

Berita Bireuen

Pengurus Yayasan Ummi Gampong Aree Kunjungi Ummul Ayman Bireuen

Selain berkunjung ke Dayah Ummul Ayman, rombongan Pengurus Yayasan Pengajian Ummi Gampong Aree itu juga berkunjung ke Dayah Putri Muslimat

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Dok Ummul Ayman
Pengurus Yayasan Pengajian Ummi Gampong Aree, Kabupaten Pidie, Minggu (02/10/2022) melakukan kunjungan ke Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Ummul Ayman, Samalanga, Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Pengurus Yayasan Pengajian Ummi Gampong Aree, Kabupaten Pidie, Minggu (02/10/2022) melakukan kunjungan ke Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Ummul Ayman, Samalanga, Bireuen.

Kunjungan  tersebut dalam rangka menyemangatkan para santri untuk belajar di dayah-dayah. Kunjungan dipimpin ketua Yayasan Ummi, Drs Tgk H Muhammad Roen Daud , Hj Aisyaton Radhiah M Nur bersama dengan sejumlah wali murid dan juga santriwan-wati-nya.

Balai Pengajian Ummi merupakan balai pengajian yang sangat sederhana, namun punya sejarah yang sangat panjang.

Terletak di Meunasah Mesjid Gampong Aree, Kecamatan Delima, Kabupaten Pidie, balai pengajian ini dirintis oleh Ummi Nurasyiah binti Kasem pada tahun 1972 dan hingga saat ini masih kokoh berdiri.

Tgk M Aidil Adhaa salah seorang dewan guru di Ummul Ayman kepada Serambinews.com, Senin (03/10/2022) mengatakan, kedatangan rombongan dari Pidie diterima Ketua Humas Dayah Ummul Ayman, Tgk  M Yusuf SSos, ketua bidang bahasa asing, Tgk Assyairazi Lc  MA serta segenap dewan guru lainnya.

Pertemuan berlangsung di salah satu mushalla Ummul Ayman. Tgk H M Yusuf menguraikan sejarah Ummul Ayman yang saat ini memiliki jumlah santri sekitar 3000 orang lebih. 

Dalam pertemuan tersebut diisi dengan pemberian kertas berisikan syair wajib Dayah Ummul Ayman. Syair ini merupakan buah karya (karangan) dari Pimpinan Dayah Ummul Ayman, Tgk H Nuruzzahri Yahya atau lebih dikenal dengan panggilan Waled Nu untuk segenap santri Ummul Ayman yang berisikan tentang pengorbanan, jasa orang tua dan guru yang tidak boleh dilupakan.

Pembacaan syair dipandu oleh Tgk M Yusuf. Dijelaskan, di Ummul Ayman, syair  tersebut wajib dibaca setiap selesai shalat lima waktu. “Ibu-ibu diizinkan membawa pulang dan bacakan syair ini setiap hari. Setidaknya ibu bacakan itu ketika meninabobokkan putra-putrinya di dalam ayunan,” ujarnya.

Usai pertemuan di mushalla, rombongan  para tamu berkeliling di dalam kompleks Dayah Ummul Ayman mulai dari kompleks putra hingga ke kompleks putri. Kunjungan dari pagi hingga usai shalat dhuhur dan rombongan ikut shalat bersama di dayah tersebut.

Pimpinan Yayasan Ummi, Hj Aisyaton Radhiah M Nur sangat berterima kasih kepada Dayah Ummul Ayman atas sambutan hangatnya serta mengatakan kunjungan bertujuan untuk menyemangatkan wali murid dan santri-santrinya untuk melanjutkan pendidikannya ke dayah-dayah.

Selain berkunjung ke Dayah Ummul Ayman, rombongan juga berkunjung ke Dayah Putri Muslimat yang berada di seberang jalan Dayah Ummul Ayman, juga di Kampong Putoh, Samalanga, Bireuen.(*)

Baca juga: Arab Saudi Kembangkan Situs Cagar dan Wisata Budaya, 2.000 Peserta Ikuti Pelatihan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved