Breaking News:

Video

VIDEO - Mantan Kombatan GAM Serahkan 2 Pucuk Senjata Api Laras Panjang

Dandim Aceh Barat Letkol lnf Dimar Bahtera, Minggu (2/10/2022) mengapresiasi dan menyambut positif atas kesadaran dari N

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: m anshar

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Mantan Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) inisial N menyerahkan 2 pucuk senjata api laras panjang jenis AK 47 dan AK 56 kepada Dandim 0105 Aceh Barat Letkol lnf Dimar Bahtera di wilayah Kecamatan Sungai Mas, pada Kamis (30/9/2022) lalu.

Alasan menyerahkan Senjata Api miliknya karena Dandim beserta jajaran sangat tulus dan bekerja keras tak kenal waktu untuk warga yang ada di Kecamatan Sungai Mas, terlebih Dandim telah menginisiasi kegiatan pembangunan akses jalan menuju destinasi wisata air terjun yang ada di Gampong Pungki, Kecamatan Sungai Mas dengan melibatkan masyarakat dan para tokoh eks kombatan.

Dandim Aceh Barat Letkol lnf Dimar Bahtera, Minggu (2/10/2022) mengapresiasi dan menyambut positif atas kesadaran dari N yang dengan landasan niat tulus menyerahkan senjata api yang dimilikinya.

Terkait hal tersebut, Dandim menyampaikan kepada rekan-rekan eks kombatan yang masih menyimpan senjata api sisa konflik di Aceh agar memiliki kesadaran untuk menyerahkan kepada pihak yang berwenang, bisa juga diserahkan langsung ke Kodim Aceh Barat.

Pihaknya berjanji akan melindungi baik dalam konteks privasi maupun dalam konteks hukum, karena menyerahkan senjata dengan kesadaran adalah bagian dari program teritorial, yang relevan dengan konsep restorative justice dari aparat penegak hukum, Kalau teritorial Kodim bergerak dalam ruang preemptive dan preventif dalam mencegah tindak pelanggaran hukum.

Sementara N yang menyerahkan 2 pucuk senjata api laras panjang mengakui, bahwa tindakan yang dilakukannya tersebut tanpa ada paksaan dari siapapun, melainkan sebagai wujud terima kasih kepada Dandim yang telah memajukan dan mensejahterakan Desa Pungki yang memang notabenenya berada di kawasan pelosok. (*)

Narator: Suhiya Zahrati

Video Editor: M Anshar

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved