Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

31 Kelompok Pelajar Ikut Cerdas Cermat Kebangsaan di Aceh Tamiang

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas mutu dan mewujudkan pelajar berjiwa Pancasila.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Pelajar yang ikut cerdas cermat saat menerima sertifikat dari unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Selasa (4/10/2022) 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Sebanyak 31 kelompok pelajar tingkat SMA sederajat mengikuti cerdas cermat Wawasan Kebangsaan di Aceh Tamiang, Selasa (4/10/2022).

Cerdas cermat yang dilangsungkan di Aula SKB ini dalam rangka menyambut Hari Kesaktian Pancasila dan HUT TNI ke 77 yang jatuh pada 5 Oktober.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil menjelaskan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas mutu dan mewujudkan pelajar berjiwa Pancasila. "Melalui cerdas cermat, kita wujudkan pelajar yang berjiwa Pancasila. Ini tema yang diusung," kata Mursil.

Makanya dia sangat mengapresiasi kegiatan ini karena berguna menumbuhkan dan membangun kembali rasa cinta generasi muda terhadap bangsa dan tanah air. 

“Bagaimana cara kita membangun kembali rasa cinta generasi muda kepada negaranya. Jangan sampai generasi kita lebih cinta dengan negara lain. Padahal negara kita sangat kaya akan sumber alam, pangan dan budaya," kata Mursil.

Dalam kesempatan itu dia sempat menyinggung tingginya kasus narkoba yang melibatkan usia produktif. Ia mengingatkan keadaan Indonesia yang kritis akan ancaman narkoba.

“Jika adik-adik menggunakan narkoba, artinya tidak cinta kepada negara. Bagaimana cara kita mengawal negara jika kita sudah terlibat dalam penyalahgunaan narkoba," ujarnya dengan nada bertanya.

Kepala Badan Kesbangpol Aceh Tamiang, Agusliayana Devita selaku ketua panitia mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif guna menciptakan generasi emas yang berkualitas.

Kegiatan ini juga untuk meningkatkan pemahaman pendidikan Pancasila dan karakter kebangsaan serta memupuk semangat cinta tanah air ada pelajar. 

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan lomba akan dilakukan seleksi secara tertulis terlebih dahulu untuk mendapatkan 16 tim yang akan berlanjut pada tahap lisan.

“Kepada pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, trofi, medali dan sertifikat," ujar Devi.(*)

Baca juga: Bosan Hidup Kaya, Bos Real Estate Memilih Jadi Pemulung & Tinggalkan Kekayaan Senilai Rp 110 Miliar

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved