Breaking News:

Berita Aceh Timur

2.150 Pelanggan Jaringan Gas di Aceh Timur Sudah Aktif, Begini Cara Tangani Kebocoran Gas

Dari 5.016 pelanggan jaringan gas (Jargas) rumah tangga di Kabupaten Aceh Timur, sebanyak 2.150 pelanggan sudah aktif

Penulis: Seni Hendri | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Salah satu meteran gas ke rumah pelanggan sudah dipasang tapi belum diaktifkan ke sambungan kompor, di Desa Titi Baro, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur, Rabu (5/10/2022). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur 

SERAMBINEWS.COM, IDI - Dari 5.016 pelanggan jaringan gas (Jargas) rumah tangga di Kabupaten Aceh Timur, sebanyak 2.150 pelanggan sudah aktif.

Untuk diketahui pembangunan jaringan gas rumah tangga dengan anggaran dari APBN tahun 2021 yang dikerjakan oleh PT Adhi Karya, terdapat di dua kecamatan di Aceh Timur, yaitu di Kecamatan Darul Ikhsan, dan Idi Rayeuk.

Riki Maulana, Humas PT Adi Karya, didampingi Koordinator Lapangan, Teuku Prasetyo, kepada Serambinews.com, mengatakan tahun 2021 PT Adhi Karya, sudah selesai membangun kontruksi instalasi pipa Jargas hingga tahap sambungan rumah dan sampai Desember tahun 2022 mendatang masih tahap pemeliharaan PT Adhi Karya.

"Saat ini masih tahap pemeliharaan hingga Desember 2022 mendatang, dan tahap proses aktivasi ke sambungan kompor (SK) sampai saat ini terus berjalan.

Yang sudah aktif dan sudah bisa menggunakan gas rumah tangga sebanyak 2.150 pelanggan," ungkap
Riki Maulana, Humas PT Adi Karya, didampingi Koordinator Lapangan, Teuku Prasetyo, kepada Serambinews.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Viral Oknum Polisi Jilat Kue HUT ke-77 TNI, Ramai Dikecam Warganet, Dirlantas Polda Minta Maaf

Riki mengatakan, pelanggan yang sudah aktif sambungan kompor berarti sudah menjadi pelanggan PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Diharapkan pelanggan yang sudah aktif gas rumah tangga bisa membayar tagihan gas setiap bulannya paling lambat tanggal 20 melalui mobile banking, maupun kantor pos.

Gas Tekanan Rendah

Riki Maulana, Humas PT Adi Karya, mengatakan gas yang dialirkan ke rumah tangga merupakan gas dengan tekanan rendah, dan tak berbahaya, serta lebih nyaman dengan resiko rendah.

Baca juga: Temakan Bujuk Rayu Pria Jambi, Wanita di Abdya Nekat VC Tanpa Busana, Foto Korban Disebar ke Medsos

Karena gas yang dialirkan ke sambungan kompor pelanggan, tekanan gas nya sudah diturunkan dari tekanan tinggi ke tekanan rendah melalui MRS (Metering Regulator Station), dan RS (Regulator Station).

Namun demikian, ungkap Riki, beberapa hal yang perlu diperhatikan pelanggan.

Yaitu jangan menyalakan api jika terjadi kebocoran, tutup semua kran jika terjadi kebocoran, buka jendela dan ventilasi udara.

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan, New York Times Sorot Polisi Indonesia Tembak Gas Air Mata: Seolah Kebal Hukum

Jika terjadi kebocoran gas pada meter, sambungan pipa, elbow, sambungan selang cek menggunakan busa sabun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved