Breaking News:

Internasional

Arab Saudi Fokuskan Pengembangan Energi Matahari di Aden, Olah Air Laut Jadi Air Minum

Kerajaan Arab Saudi melalui Program Pembangunan dan Rekonstruksi Yaman memfokuskan pembangunan energi matahari atau tenaga surya.

Editor: M Nur Pakar
Foto: Saudi Press Agency
Salah satu kawasan di Provinsi Taiz yang akan dibangun kembali dari kehancuran perang. 

SERAMBINEWS.COM, ADEN - Kerajaan Arab Saudi melalui Program Pembangunan dan Rekonstruksi Yaman memfokuskan pembangunan energi matahari atau tenaga surya.

Energi terbarukan itu pengganti listrik berbahan bakar diesel untuk merubah air laut menjadi air minum melalui pabrik desalinasi air laut ber tenaga surya dengan kapasitas 10.000 meter kubik per hari.

Tim Arab Saudi juga meninjau lokasi yang diusulkan untuk pabrik desalinasi air laut, seperti dilansir Arab News, Rabu (5/10/2022).

“Proyek-proyek semacam itu akan berkontribusi besar untuk meningkatkan keamanan air di Aden,” kata Insinyur Mohammed Bakhbeira, Direktur jenderal Perusahaan Air Minum dan Sanitasi Lokal di Aden.

Abd Rabbo Muftah, Wakil Gubernur Kegubernuran Marib, juga meninjau beberapa proyek yang didanai Kuwait.

Dimana, sedang berlangsung yang didirikan di bawah Altwasul untuk Pembangunan Manusia untuk melayani kebutuhan kritis para pengungsi dan komunitas provinsi tersebut.

Baca juga: Warga Jalur Gaza Gerah Atas Blokade Israel dan Mesir Atas Pasokan Listrik, Bangun Tenaga Surya

Seperti pembnagunan rumah sakit wanita dan anak-anak di utara Marib, yang telah selesai 20 persen.

Kemudian, pembangunan pabrik oksigen senilai $500.000 di rumah sakit umum dengan kapasitas 300 silinder per hari.

Para pejabat Yaman meninjau proyek-proyek kemanusiaan ketika pemerintah berusaha mengintensifkan upaya bantuan di tengah eskalasi baru dalam konflik.

Setelah milisi Houthi menolak untuk memperpanjang gencatan senjata yang ditengahi PBB.

Pada Selasa (4/10/2022), Program Saudi untuk Pembangunan dan Rekonstruksi Yaman memberi pengarahan kepada para pejabat tentang sebuah proyek pengeboran.

Termasuk mengoperasikan 10 sumur pengganti menggunakan energi matahari di Aden.

Baca juga: Arab Saudi Bangun Universitas Aden di Yaman, Dilengkapi Berbagai Fasilitas Pendukung

Badr Ma'awn, Sekretaris Jenderal Dewan Lokal di Aden, meninjau proyek-proyek kemanusiaan di bawah Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.

Dia memuji upaya PBB dalam membantu keluarga yang terkena dampak perang dan pengungsi di Aden di tengah situasi saat ini di Yaman.

Pertempuran sengit sebelumnya meletus antara pasukan pemerintah dan Houthi di seluruh Yaman setelah kelompok yang didukung Iran menolak memperpanjang gencatan.

Pertempuran paling sengit terjadi di luar pusat kota Marib dan di daerah Al-Fakher di provinsi Dhale, menurut para pejabat.(*)

Baca juga: Pemerintah Yaman Mulai Bangun Kembali Taiz, Bantuan Rekonstruksi dari Arab Saudi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved