Breaking News:

Berita Aceh Besar

6 Siswa Aceh Besar Wakili Aceh dalam KSM dan MYRES Nasional, Ini Pesan Kakankemenag Saat Pelepasan

Dua di antara enam siswa itu adalah siswi MTsN 2 Aceh Besar di Tungkop, Kecamatan Darussalam, yakni Siti Marfika dan Najwa Zafir. 

Penulis: Mursal Ismail | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
6 Siswa Aceh Besar yang Wakili Aceh dalam KSM dan MYRES Nasional foto bersama dengan Kakankemenag Aceh Besar, Salman (empat kanan), Sub Koordinator Kurikulum dan Kesiswaan, Bidang Pendidikan Madrasah pada Kanwil Kemenag Aceh, Nasruddin (tiga kanan), serta lainnya saat peusijuek dan pelepasan mereka untuk ikut even tingkat nasional itu. Acara peusijuek dan pelepasan ini di MTsN 2 Aceh Besar di Tungkop, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Kamis (6/10/2022) 

Dua di antara enam siswa itu adalah siswi MTsN 2 Aceh Besar di Tungkop, Kecamatan Darussalam, yakni Siti Marfika dan Najwa Zafir. 

Laporan Mursal Ismail | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Enam siswa Aceh Besar mewakili Aceh dalam dua even nasional, yakni Kompetisi Sains Madrasah atau KSM 2022 dan Madrasah Young Researchers Super Camp atau MYRES 2022.

Kedua even diselenggarakan Kementerian Agama atau Kemenag RI ini digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, 10-13 Oktober 2022. 

Dua di antara enam siswa itu adalah siswi MTsN 2 Aceh Besar di Tungkop, Kecamatan Darussalam, yakni Siti Marfika dan Najwa Zafir. 

Dalam even ini, keduanya ikut Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora dan melakukan penelitian bertema “Aktivitas Taman Edukasi Aceh: Sebuah Implementasi Kepedulian terhadap Pendidikan Anak-anak Pemulung di Kota Banda Aceh”

Atas penelitian dan presentasi mereka itu, keduanya lolos ke babak enam besar dalam even MRES 2022 tingkat nasional itu, sehingga melaju ke babak grand final.  

Siti Marfika dan Najwa Zafira
Siti Marfika dan Najwa Zafira (Dok Humas)

Baca juga: Pelajar MTsN 1 Model Banda Aceh Terima Hadiah Juara KSM Tingkat Provinsi

Bahkan mereka tak hanya mewakili Aceh, tetapi juga Sumatera karena hanya mereka berdua dari Pulau Sumatera yang lolos ke babak enam besar tingkat nasional itu.  

Keduanya menyingkirkan 3.811 peserta lain se-Indonesia pada ajang yang diselenggarakan Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia itu.

Adapun empat siswa Aceh Besar yang mewakili Aceh dalam KSM 2022, tingkat SD/MI, yakni Ahmad Arib (Matematika Terintegrasi) dan Muhammad Azhar Syafiq (IPA Terintegrasi). Keduanya murid MIN 27 Aceh Besar.

Sedangkan dalam KSM 2022 tingkat MA/SMA, Muhammad Farras Munawwar (IPA Matematika Terintegrasi) dan Fauzil Azhim (Biologi Terintegrasi). 

Keduanya siswa SMA Negeri Modal Bangsa, Aceh Besar, yang mengikuti even diselenggarakan Kemenag itu. 

Keenam siswa berprestasi ini dipeusijuek dan dilepas keberangkatannya oleh Kepala Kantor Kementerian Agama atau Kakankemenag Aceh Besar, H Salman SPd MPd di MTsN 2 Aceh Besar, Tungkop, Kecamatan Darussalam, Kamis (6/10/2022).

Dalam acara ini juga sekaligus penyerahan uang saku kepada keenam siswa ini. 

Baca juga: Kisah Anak dari Keluarga Kurang Mampu di Abdya Raih Juara II KSM Tingkat Provinsi Aceh

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved