Breaking News:

Berita Aceh Utara

Belasan Ribu Warga Mengungsi, Tujuh Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir

Musibah banjir kembali melanda Kabupaten Aceh Utara, merendam tujuh kecamatan dan menyebabkan belasan ribu warga mengungsi

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Warga Aceh Utara berjalan di atas jalan desa yang terendam banjir, Rabu (5/10/2022). 

* Logistik Bantuan Menipis

LHOKSUKON - Musibah banjir kembali melanda Kabupaten Aceh Utara, merendam tujuh kecamatan dan menyebabkan belasan ribu warga mengungsi.

Di sisi lain, stok logistik bantuan yang tersimpan di gudang Pemkab mulai menipis dan diperkirakan sudah habis pada Kamis (6/10/2022) hari ini.

Banjir terjadi karena air Krueng Keureuto dan Krueng Pirak meluap setelah hujan deras mengguyur wilayah Aceh Utara dan Bener Meriah sepanjang Selasa (4/10/2022) kemarin.

Beberapa tanggul sungai juga dilaporkan jebol karena tak sangup menahan derasnya arus.

“Saya terbangun sekitar pukul 05.30 WIB, setelah mendengar keriuhan warga yang sibuk memindahkan barang dalam rumah,” ujar Ishak warga Desa Buloh Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, kepada Serambi, Rabu (5/10/2022).

Ishak mengatakan, informasi yang dia terima, tanggul sungai Krueng Peuto di Desa Buloh jebol sekitar pukul 04.00 WIB dini hari, sehingga air langsung masuk ke pemukiman warga.

“Ketika terbangun air sudah merendam dalam rumah,” imbuhnya.

Keuchik Alue Tho Kecamatan Matangkuli, Tarmizi, juga menyebutkan kalau desanya sudah terendam banjir sejak Selasa kemarin, tetapi belum begitu parah.

“Tapi hari ini (Rabu) sudah parah, ketinggian air dalam rumah sudah mencapai sepinggang orang dewasa dan air terus naik,” ungkapnya.

Baca juga: Solusinya Reboisasi dan Rekayasa Atasi Banjir di Aceh Utara

Baca juga: Respon Cepat IPAU Buka Donasi Peduli Musibah Banjir Di Aceh Utara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat, sebanyak 4.443 keluarga yang terdiri atas 13.708 warga mengungsi akibat banjir yang terjadi di tujuh kecamatan.

Para pengungsi itu tersebar di 29 titik.

"Kemungkinan jumlah pengungsi terus bertambah mengingat banjir terus meluas," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Aceh Utara, Mulyadi.

Menurut data BPBD, banjir melanda empat desa di Kecamatan Tanah Luas, tujuh desa di Kecamatan Samudera, 22 desa di Kecamatan Matang Kuli, lima desa di Kecamatan Pirak Timu, sembilan desa di Kecamatan Lhoksukon, dan satu desa di Kecamatan Cot Girek.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved