Breaking News:

Berita Jakarta

Presiden Targetkan Indonesia Mampu Produksi 2 Juta Motor Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkap ada target khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memproduksi dua juta unit

Editor: bakri
ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) menaiki motor listrik RKG-5000 karya desain Ridwan Kamil berkolaborasi dengan pabrikan Gesits seusai menghadiri "West Java Investment Summit" 2022 di Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). Pemprov Jawa Barat bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia menggelar "West Java Investment Summit" 2022 yang bertujuan untuk menawarkan proyek investasi diantaranya 10 proyek "food security", 17 proyek energi baru terbarukan dan lima proyek pemerintah dengan total nilai mencapai Rp59,73 triliun. 

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkap ada target khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memproduksi dua juta unit sepeda motor listrik di Indonesia.

Target ini dikatakan bisa dicapai 'dalam waktu dekat'.

"Kami terus melakukan pendalaman terkait dengan industri kendaraan electric vehicle, baik itu untuk kendaraan roda empat maupun roda dua.

Khusus untuk roda dua, ada target dari Bapak Presiden dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa segera memproduksi dua juta unit," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resminya, Selasa (4/10/2022).

Agus merasa optimistis dan mengatakan target itu realistis.

Dia menilai animo para investor untuk mendirikan pabrik motor listrik di Indonesia cukup besar.

Disebutkan saat ini sudah ada 35 pabrikan otomotif yang siap memproduksi motor listrik dengan total kapasitas 1 juta unit per tahun.

Kapasitas produksi itu akan ditingkatkan menjadi dua juta unit pada 2023.

Agus juga menyebut pihaknya tengah mempersiapkan satu standar baterai yang bakal digunakan semua produen.

Hal ini untuk memudahkan penggunaan stasiun pengecasan dan metode tukar (swap) baterai.

Baca juga: Honda Segera Umumkan Roadmap Sepeda Motor Listrik untuk Netralisasi Karbon Dunia di Indonesia

Baca juga: Showroom Gesits Aceh Diresmikan, Mulai Pasarkan Motor Listrik

"Terkait hal ini, Kemenperin sedang melakukan pembicaraan dengan produsen sepeda motor dan produsen dari baterai supaya ada keseragaman dari baterai, sehingga baterai yang digunakan dari Aceh sampai Papua semuanya sama.

Proses ini sedang berlangsung," kata dia.

Staf Khusus Presiden (SKP) Diaz Hendropiyono dalam keterangan resmi Sekretariat Kabinet menjelaskan mengejar target produksi 2 juta unit motor listrik masuk akal karena model kendaraan ini di Indonesia lebih banyak daripada mobil.

Selain itu, Diaz yang menggelar Diskusi bertajuk "B20 Side-Event Ready to eMove: Menuju Pencapaian Target Presiden 2 Juta Sepeda Motor Listrik di Indonesia" itu juga menilai harga motor listrik dapat lebih bersaing karena produsennya banyak. (CNN Indonesia)

Baca juga: Sepeda Motor Listrik Mulai Dipasarkan Luas di Aceh, Segini Harganya, Gesits Aceh Resmikan Showroom

Baca juga: Kyriad Hotel Miliki Fasilitas Motor Listrik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved