Breaking News:

Video

VIDEO - Aksi Petugas Medis di Lhokseumawe Cari yang Suspek HIV/Aids Hingga ke Kafe-Kafe

Dimulai dicek tensi darah, selanjutnya diambil darah dari ujung jari untuk diperiksa apakah suspek HiV/Aids atau tidak dengan alat Reagen.

Penulis: Saiful Bahri | Editor: m anshar

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,  - Para petugas medis Puskesmas Banda Sakti, Kota Lhokseumawe selama ini terus mensasar sejumlah lokasi keramaian, termasuk kafe guna mencari masyarakat yang secara sukarela mau memeriksakan diri apakah suspek HIV/Aids ataupun tidak.

Seperti yang terlihat di sebuah kafe di Lhokseumawe pada Kamis (6/10/2022).

Sejumlah petugas medis dengan berbagai peralatan kesehatan duduk di sebuah meja. Selanjutnya satu persatu pengunung secara sukarela memeriksakan diri.

Dimulai dicek tensi darah, selanjutnya diambil darah dari ujung jari untuk diperiksa apakah suspek HiV/Aids atau tidak dengan alat Reagen.

Ada 12 orang yang secara sukarela memeriksa diri. Hasilnya, semuanya negatif.

Pemegang Progran HIV/Aids di Puskesmas Banda Sakti, Juwita, menjelaskan, kasus HIV/Aids seperti fenomena gunung es. Dimana data yang didapatkan saat ini hanya sebagian kecil dari besarnya jumlah orang yang sebenarnya mengidap HIV/AIDS. 

Hal ini karena banyak orang yang tidak memeriksakan dirinya sehingga angka pasti jumlah ODHA hingga saat ini tidak dapat diketahui.

Kepada warga yang merasa selama ini berprilaku beresiko, dipersialhkan memeriksa diri. (*)

Narator: Syita

Video Editor: M Anshar

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved