Breaking News:

Info Aceh Tengah

Expo Culinary Festival 2022, Aceh Tengah Bangkitkan Wisata Kuliner

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pariwisata mengadakan Expo Culinary Festival tahun 2022 di halaman Setdakab setempat

Penulis: Romadani | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/ROMADANI
Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pariwisata mengadakan Expo Culinary Festival tahun 2022 di halaman Setdakab setempat, Jumat (7/10/2022) 

Laporan Romadani | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pariwisata mengadakan Expo Culinary Festival tahun 2022 di halaman Setdakab setempat. 

Acara itu dibuka langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, H. Harun Manzola, SE, MM, pada Jumat (7/10/2022) sore.

Pantauan Tribungayo.com di halaman Setdakab Aceh Tengah puluhan standar UMKM mulai di pamerkan. 

Varian kuliner mulai dari kerupuk depik, kopi gayo dan sejumlah ekonomi kreatif lainnya. 

Acara itu digelar selama tiga hari mulai pada 7 sampai dengan 9 Oktober 2022 mendatang. 

Expo Culinary Festival tahun 2022 turut dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian kegiatan seperti lomba memasak khas gayo dan sejumlah penampilan seni dan budaya.

Baca juga: Geger! Pria dalam Kantong Mayat Buka Mata, Diduga Masih Hidup Saat Dikirim ke Kamar Jenazah

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah Zulkarnain, SE. MM., menyampaikan, bahwa Expo Aceh Tengah dan Festival Kuliner tahun 2022 diselenggarakan untuk menjalin silaturahmi dan wadah bagi para pengusaha di dunia masakan khas Gayo sebagai wisata kuliner.
  
"Lomba ini bisa saja menjadi sebuah langkah, para peserta dalam pengembangan dan mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Aceh Tengah," kata Zulkarnain. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah H. Harun Manzola, SE, berharap pelaksanaan kegiatan Expo Aceh Tengah dan Festival Kuliner ini dapat memberikan kontribusi tersendiri dalam membantu membangkitkan perekonomian.

Sehingga, kata dia, acara itu berdampak besar bagi pengembangan UMKM dikarenakan adanya peningkatan nilai ekonomi dan transaksi di Kabupaten Aceh Tengah.

Baca juga: Bupati Aceh Tengah Titip 150 Hektar Untuk Perkemahan Pramuka

"Tidak dapat dipungkiri, perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia, belakangan didominasi oleh Kuliner, Fesyen dan Kriya, Kuliner menjadi penyumbang terbesar Produk Domestik Bruto (PDP)saat ini," katanya. 

Harun Manzola juga menyampaikan melalui berbagai kebijakan strategis tersebut dapat mengangkat kesejahteraan Masyarakat dan kemajuan daerah, namun tetap dengan bingkai kearifan lokal yang kita miliki.

"Kami mengharapkan generasi muda terus berkarya di segala bidang, tidak hanya tinggi ilmu pengetahuan tapi juga menumbuhkan keterampilan dalam menekuni seni dan Kebudayaan Gayo," pungkasnya. (*)

Baca juga: Aceh belum Swasembada Garam, Ini Target dan Realisasinya, DKP terus Kembangkan Industri Garam Rakyat

Baca juga: Menjelajah Little Afrika-nya Aceh, Camping, Arung Jeram hingga Bermain dengan Gajah di DAS Peusangan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved