Breaking News:

Berita Langsa

Pj Wali Kota Terima Dokumen Persetujuan Substansi RDTR Kota Langsa, Ini Luasan Wilayah Terbaru

persetujuan substansi rencana detail tata ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan (WP) Perkotaan Kota Langsa, RDTR WP I dan RDTR WP II

Penulis: Zubir | Editor: Nur Nihayati
Dok Humas Pemko Langsa
Pj Wali Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid menandatangani dokumen persetujuan substansi RDTR dalam wilayah Kota Langsa. Dok Humas Pemko Langsa 

persetujuan substansi rencana detail tata ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan (WP) Perkotaan Kota Langsa, RDTR WP I dan RDTR WP II

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Pj Wali Kota Langsa Ir Said Mahdum Majid menghadiri penyerahan dokumen persetujuan substansi rencana detail tata ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan (WP) Perkotaan Kota Langsa, RDTR WP I dan RDTR WP II, di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/22).

Kegiatan itu turut serta dihadiri Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Jenderal Tata Ruang, Reny Windyawati, ST,.M.Sc.

Lalu, Wali Kota Malang, Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Bupati Kabupaten Ogan Komering IIir.

Sementara Pj Wali Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid ikut didampingi oleh Kadis PUPR Kota Langsa, Muharram, ST, M.Si, dan Sekretaris PUPR.

Baca juga: Polres Langsa dan Forkopimda Gelar Doa untuk Almarhun Abu Tumin dan Tragedi Kanjuruhan

PJ. Wali Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid, saat itu mengucapkan terimakasih kepada kementerian ATR/BPN karena pada tahun 2020 dan 2021 yang lalu Kota Langsa terpilih menjadi salah satu daerah yang mendapatkan bantuan teknis penyusunan RDTR dari kementerian ATR/BPN Kota Langsa.

"Alhamdulillah pada tahun 2022 ini penyusunan ketiga RDTR tersebut telah selesai dilakukan dan juga telah disahkan menjadi tiga Perwal RDTR kota Langsa," sebutnya.

Ketiga RDTR itu, jelas Pj Wali Kota lagi, yaitu peraturan Walikota Langsa nomor 16 tahun 2022 tentang rencana detail tata ruang (RDTR) wilayah perencanaan perkotaan.

Peraturan Wali Kota Langsa nomor 25 tahun 2022 tentang rencana detail tata ruang RDTR wilayah perencanaan Kota Langsa Wilayah I

Dan peraturan Walikota Langsa nomor 26 tahun 2022 tentang rencana detail tata ruang (RDTR) wilayah perencanaan Kota Langsa Wilayah II.

Untuk rincian luasan delineasi ketiga RDTR tersebut RDTR WP perkotaan Kota Langsa seluas 4.909,58 hektar, RDTR WP I kota Langsa seluas 3.755,19 hek dan RDTR WP II kota Langsa seluas 4.727,14 hektar.

Sehingga total luasan wilayah yang telah dilakukan yang telah dilakukan penyusunan RDTR adalah 13.392 hektar dari total luasan kota Langsa saat ini yaitu 22.889 hektar sesuai dengan hasil batas administrasi terbaru.

"Semoga RDTR ini nantinya dapat membantu pemerintah kota Langsa menjadi pintu investasi yang dapat meningkatkan kemajuan dan pembangunan bagi kota Langsa," pungkas Said Mahdum.

Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Jenderal Tata Ruang, Reny Windyawati, ST,.M.Sc, juga menyampaikan terima kasih sudah memenuhi undangan dalam acara penyerahan Persetujuan Substansi RDTR.

Dikatakannya, RDTR yang sudah disusun dan sudah di Perwalkan supaya ada kepastian hukum dalam berinvestasi, sehingga berdampak pada kemajuan Kota Langsa ke depan.

"Kita akan membantu Kota Langsa dalam percepatan penyusunan dan penetapan RTRW Kota Langsa tahun 2023," tutup Reny Windyawati. (*)

Baca juga: KIP Bener Meriah Sosialisasi Tahapan Pemilu

Baca juga: Senat Tetapkan Empat Bakal Calon Rektor ISBI Aceh Periode 2022-2026

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved