Breaking News:

Luar Negeri

Korea Utara Kembali Tembakkan Dua Rudal Balistik, Bikin Jepang Ketakutan Lagi

Korea Utara kembali membuat Jepang ketakutan dengan lagi menembakkan dua rudal balistik jarak pendek.

Editor: Faisal Zamzami
Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP, File
Foto ilustrasi rudal Korea Utara. Korea Utara kembali menembakkan rudal, Minggu (9/10/2022) pagi, yang mengkhawatirkan Jepang. 

SERAMBINEWS.COM, TOKYO - Korea Utara kembali membuat Jepang ketakutan dengan lagi menembakkan dua rudal-balistik' title=' rudal balistik'> rudal balistik jarak pendek.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, Minggu (9/10/2022), mengungkapkan Korea Utara menembakkan dua rudal-balistik' title=' rudal balistik'> rudal balistik itu dari Muncheon di Provinsi Kangwon ke arah perairan di pantai selatan semenanjung Korea.

Berdasarkan penuturan Menteri Pertahanan Jepang, Toshiro Ino, rudal diluncurkan antara pukul 1.27 pagi dan 1.53 pagi, Minggu waktu setempat.

Ino menambahkan kedua rudal jatuh di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

 
Menurut Ino dikutip dari CNN, rudal pertama diperkirakan terbang sejauh 350km, dengan maksimal ketinggian sekitar 100km.

Rudal kedua juga bepergian dengan jarak yang tak jauh berbeda.

Ino mencatat tak ada laporan kerusakan kapal di laut, tetapi Kementerian Pertahanan Jepang masih menganalisis rinciannya.

Mereka juga menyelidiki jenis rudal yang diluncurkan, termasuk kemungkinan rudal-balistik' title=' rudal balistik'> rudal balistik yang diluncurkan kapal selam.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, menegaskan pihaknya telah memperkuat pengawasan dan kewaspadaannya, serta mempertahankan postur kesiapan penuh sambal bekerja sama erat dengan AS. 

Peluncuran rudal ini menjadi yang ke-25 dilakukan Korea Utara pada tahun ini, baik balistik dan rudal kapal selam.

Baca juga: Dalam 12 Hari 6 Kali Peluncuran Misil, Korea Utara Tegaskan Alasan Uji Coba Rudal

Peluncuran sebelumnya yang diakukan Korea Utara adalah pada Kamis (6/10/2022), yang juga menembakkan dua rudal-balistik' title=' rudal balistik'> rudal balistik jarak pendek.

Pasukan Penjaga Pantai Jepang menginstruksikan kapal untuk memperhatikan informasi dan tak mendekati benda apa pun yang jatuh ke laut.

 
Mereka juga meminta kapal untuk melaporkan informasi yang relevan terkait masalah itu.

Jepang dikabarkan memiliki kekhawatiran terkait peluncuran rudal-balistik' title=' rudal balistik'> rudal balistik Korea Utara.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved