Breaking News:

Berita Politik

KIP Aceh Besar Sosialisasi Verifikasi Faktual Kepengurusan Keanggotaan Parlok dan Parpol

Partai politik yang lulus verifikasi administrasi itu nantinya akan dilakukan tahapan verifikasi faktual

Penulis: Indra Wijaya | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
KIP Aceh Besar menggelar rapat Koordinasi dan Sosialisasi Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik dan Partai Politik Lokal di Hotel The Pade, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Jumat (14/10/2022) 

Laporan Indra Wijaya | Jantho

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik dan Partai Politik Lokal di Hotel The Pade, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Jumat (14/10/2022).

Kegiatan sosialisasi diperuntukkan bagi pimpinan dan petugas lembaga penghubung Partai Politik dan Partai Politik Lokal dalam wilayah Aceh Besar, serta turut mengundang Ketua dan Anggota Panwaslih Aceh Besar.

Ketua KIP Aceh Besar, Muhammad Hayat mengatakan, bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan partai-partai yang telah lulus verifikasi administrasi hingga masa perbaikan.

Partai politik yang lulus verifikasi administrasi itu nantinya akan dilakukan tahapan verifikasi faktual.

Verifikasi faktual yang akan dilakukan adalah pada kepengurusan dan keanggotaan.

"Benar KPU RI sudah mengumumkan nama-nama partai politik dan partai lokal yang lulus tahap administrasi," kata Hayat, Sabtu (15/10/2022).

Baca juga: Partai SIRA Penuhi Syarat Peserta Pemilu

Ia mengatakan, KIP Kabupaten/Kota memiliki kewenangan untuk melakukan verifikasi faktual, dimana nantinya KIP akan membahas  hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh Partai Politik dalam menghadapi verifikasi faktual tersebut.

Hayat berharap dengan adanya sosialisasi tersebut, akan menghasilkan kesepahaman dan tersampainya informasi tentang jadwal dan tahapan pelaksanaan verifikasi faktual.

"Kita juga meminta agar semua peserta sosialisasi ini dapat memahami dan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam tahap verifikasi, sehingga memudahkan proses verifikasi faktual yang akan dilakukan," pungkas Hayat.

Baca juga: Ini Daftar Lengkap Nama 14 Jenderal yang Dimutasi Kapolri, Irjen Teddy Minahasa ke Mabes Polri

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, M. Nasir Ali mengatakan, Verifikasi Faktual Keanggotaan itu, akan dilakukan pada data sampling yang dikirimkan oleh KPU RI dalam aplikasi Sipol.

Ia menjelaskan,  dalam verifikasi vaktual kepengurusan itu, pihaknya melakukan pendataan seperti alamat kantor, jumlah keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, maupun kepengurusan seperti Ketua, Sekretaris, Bendahara, serta Kepengurusan DPD bagi Partai Politik dan pengurus kecamatan partai politik lokal. 

"Saat ini kita masih menunggu kiriman data sampling dari KPU RI yang akan dilakukan verfikasi faktual keanggotaannya," jelas Nasir.(*)

Baca juga: Profil Krishna Murti, Kini Naik Jabatan Setelah Kapolri Mutasi Sejumlah Jenderal

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved