Breaking News:

Berita Gayo Lues

Panwaslih Gayo Lues Buka Sentra Gakkumdu Untuk Menangani Pelanggaran Pidana Pemilu

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Gayo Lues, Kamis (13/10/2022), resmikan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu)

Editor: bakri
Dok: Panwaslih Galus
Panwaslih Kabupaten Gayo Lues melaksanakan sosialisasi netralitas ASN dalam Pemilu serentak 2024, di aula The Legen Hotel di Kampung Jawa, Blangkejeren 

BLANGKEJEREN - Panitia Pengawas Pemilihan ( Panwaslih) Gayo Lues, Kamis (13/10/2022), resmikan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu ( Gakkumdu) yang dipusatkan di Sekretariat Panwaslih, di Blangkejeren.

Peresmian Gakkumdu tersebut dihadiri Kabag Ops Polres Gayo Lues, perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) dan personel Gakkumdu yang sudah dibentuk sebelumnya.

Ketua Panwaslih Gayo Lues, Sulaiman, mengatakan, di tengah-tengah proses politik dan tahapan Pemilu serta Pilkada daerah tersebut, diketahui dan disadari penegakan hukum yang harus independen, transparan dan bermartabat, bahkan menjadi harapan dan dambaan masyarakat banyak.

“Penanganan perkara tindak pidana Pemilu harus dilakukan secara profesional dan berintegritas tinggi,” tandasnya.

Sementara itu, Kordiv Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Pemilu, Ali Nurdin, mengatakan, pembentukan sentra Gakkumdu di Gayo Lues berlandaskan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Dikatakan, dalam undang-undang tersebut salah satu hal yang diamanahkan, adalah proses penanganan pelanggaran pidana Pemilu wajib melalui pembahasan dalam forum sentra Gakkumdu tersebut.

Menurutnya, meskipun kewenangan penanganan pelanggaran itu diberikan kepada pengawas Pemilu, akan tetapi ada proses yang harus dilewati karena pelaksanaan tugas dan kewenangan itu harus bertumpu pada tiga hal, yaitu wewenang, prosedur dan substansi.

"Kalau prosedur dalam sentra Gakkumdu terlewati maka penanganan pelanggaran ini akan dianggap cacat prosedur, bahkan dalam penanganan pelanggaran Pemilu tersebut juga akan dilakukan koordinasi dengan tim lainnya dari pihak Kepolisian dan Kejaksaan setempat," terang Ali Nurdin.

Secara terpisah, Ketua Panwaslih Gayo Lues, Sulaiman, mengatakan, sebanyak 494 pelamar calon petugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mengikuti seleksi dengan sistem computer assisted test (CAT) yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Blangkejeren, Jumat dan Sabtu (14-15/10/2022).

Dari jumlah peserta yang melamar tersebut, jumlah peserta yang akan diterima di setiap kecamatan sebanyak tiga orang.

Seperti diketahui, Gayo Lues terdiri dari 11 kecamatan, sehingga jumlah petugas Panwascam yang akan diterima seluruhnya sebanyak 33 orang, ditambah 3 orang sebagai cadangan setiap kecamatan.

Baca juga: Tingkatkan Pengetahuan Pengawasan Pemilu, Panwaslih Aceh Utara Sosialisasi dengan Multi Stakeholder

Baca juga: Panwaslih Simeulue Mulai Rekrut Panwascam, Catat Jadwal Pendaftarannya

Ketua Panwaslih Gayo Lues, Sulaiman, Jumat (14/10/2022) mengatakan, calon petugas Panwascam tersebut kini mulai mengikuti proses tahapan pertama, yakni mengikuti ujian secara online atau dengan sistem CAT.

"Melalui ujian secara online atau sistem CAT tersebut, diharapkan dapat terpilih para petugas Panwascam yang betul-betul paham dan menguasai tentang tugas serta Undang-Undang Pemilu nantinya," harap Sulaiman. (c40)

Baca juga: Panwaslih Abdya Buka Rekrutmen Panwascam, Ini Jadwal Pendaftarannya

Baca juga: Panwaslih Abdya Sosialisasi Netralitas ASN dalam Pemilu 2024, Apa Saja Perbuatan Melanggar?

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved