Breaking News:

Video

VIDEO Warga Aceh di Palembang Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid ini merupakan gagasan dari semua warga Aceh yang tergabung dalam HIMMAH, yang diketuai Haji Raimar, dengan penasihat Zulkarnaen Laura

Penulis: Zainal Arifin M Nur | Editor: T Nasharul

Laporan Syedara lon Iskandar A Rachman

SERAMBINEWS.COM - Masyarakat Aceh yang berdomisili di Palembang Sumatera Selatan, kembali menggelar acara peringatan hari kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini atau tahun 1444 Hijriah berlangsung pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2022, di Masjid Aceh Baiturrahman, yang berada di Kecamatan Kalidoni, Kota Palembang.

Kemeriahan Maulid Nabi Muhammad di Palembang ini terekam dalam video yang dikirim oleh Iskandar A Rachman, Humas Himpunan Masyarakat Aceh (HIMMAH) Sumatera Selatan, kepada Serambi On TV, Minggu (23/10/2022).

Baca juga: Warga Pidie Ramai-ramai Jual Emas Justru Saat Harga Turun, Ternyata untuk Sambut Maulid Nabi

Iskandar mengatakan, peringatan Maulid Rasulullah SAW ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh warga HIMMAH Palembang, yang dipusatkan di Masjid Aceh Baiturrahman Kota Palembang.
Dilaporkan, peringatan Maulid Nabi SAW tahun ini berlangsung meriah dan semarak dengan lantunan Shalawat Nabi yang begitu bersemangat dari para jamaah yang hadir.

Rangkain maulid tahun ini diisi dengan pembacaan Ayat Suci Alquran yang dikumandangkan oleh qari nasional asal Sumsel Ustaz Lukmanul Hakim, serta tausiyah Sirah Nabi yang disampaikan oleh Ustaz. Tgk. Ir. H. Tarmizi M. Thayeb, M.BA.

Dalam tausiyahnya, Tgk Tarmizi mengajak dan menyeru umat Islam untuk mencintai Baginda Nabi Muhammad Rosulullahi Salallahu 'Alaihiwassalam, sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Al-Ahzab ayat 21. Artinya: "Sungguh, pada (diri) Rasulullah benar-benar ada suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat serta yang banyak mengingat Allah."

Pada sesi terakhir, yang paling menarik perhatian pada peringatan Maulid kali ini adalah sajian kuah beulangong dan masakan khas aceh, seperti bubur kanji, mie aceh, timphan, dan lain-lain.

Baca juga: Hiroe Aceh Peringati Maulid Bersama 50 Anak Yatim, Sholawat, Bagi-bagi Parsel Hingga Kuis Berhadiah

Seluruh sajian ini dipersiapkan oleh panitia dengan para koki handal yang diketuai oleh H. Hasanuddin beserta para koki lainya, seperti Muhammad, Pak Yahya, Adun, Firman, dan Bang Dedek.

Iskandar mengatakan, acara Maulid ini merupakan gagasan dari semua warga Aceh yang tergabung dalam HIMMAH, yang pada periode ini diketuai oleh Haji Raimar, dengan penasihat Zulkarnaen Laura.

Ketua Panitia Maulid, Ir Faisal Amin mengatakan, tujuan dari acara seperti ini, selain mengagungkan Nabi Muhammad SAW, sekaligus juga untuk mempererat silaturahim antara sesama perantau asal Aceh di Sumatera Selatan, khususnya di Kota Palembang.

Narator: Syita
Editor: T. Nasharul

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved