Breaking News:

Video

VIDEO Akta Gratis Bagi Bayi yang Baru Lahir di Rumah Sakit Aceh Singkil

Marthunis menyebutkan inovasi tersebut kecil, namun memberikan banyak manfaat dan membantu masyarakat

Penulis: Dede Rosadi | Editor: T Nasharul

Laporan: Dede Rosadi | Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis serahkan akta kelahiran dan kartu keluarga (KK) kepada keluarga yang melakukan persalin di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil, Kamis (27/10/2022).

Pemberian dokumen kependudukan secara gratis tersebut, merupakan inovasi pelayanan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bersama RSUD Aceh Singkil.

Dimana setiap penduduk Aceh Singkil, yang melahirkan di rumah sakit pulang langsung mendapat akta kelahiran dan KK.

Marthunis menyebutkan inovasi tersebut kecil, namun memberikan banyak manfaat dan membantu masyarakat.

Baca juga: Anak Lahir di Luar Kota, Mengurus Akta Kelahiran di Alamat Domisili Orang Tua? Ini Kata Dukcapil

Berkat inovasi itu masyarakat tidak perlu lagi repot datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk urus dokumen kependudukan.

Kemudian bayi yang lahir langsung mendapatkan haknya seperti masuk dalam kepesertaan BPJS dan bagi yang berasal dari keluarga miskin dengan adanya dokumen kependudukan dapat menerima program bantuan sosial.

Pj Bupati targetkan inovasi tersebut dapat dilakukan di semua fasilitas kesehatan yang melayani persalinan. Sehingga semua anak Aceh Singkil, lahir mendapatkan dokumen kependudukan secara otomatis.

Baca juga: Mantap, Melahirkan di RSUD Aceh Singkil, Pulang Terima Kado Akta Kelahiran dan KK Baru

Tak hanya serahkan akta kelahiran dan KK, Marthunis juga nasehati ibu yang baru melahirkan agar memberikan susu secara ekslusif dan memberikan makanan bergizi.

Setelah itu Marthunis menanyakan keluarga lain yang lahir di RSUD Aceh Singkil, apakah mendapat akta kelahiran dan KK. Salah satu keluarga mengatakan tidak dapat.

Setelah ditanya lebih lanjut, tidak mendapat lantaran belum memiliki buku nikah. Terkait hal itu Marthunis menyatakan menjadi pemikiran pihaknya agar semua warganya yang telah menikah memiliki buku nikah.(*)

Narator: Syita
Editor: T. Nasharul

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved