Breaking News:

Info Singkil

BPS Canangkan Desa Cantik, Pj Bupati Aceh Singkil: Bisa Diterapkan di Seluruh Desa

Kegiatan ini dilakukan di ruang pertemuan Setdakab Aceh Singkil yang dibuka Pj Bupati Aceh Singkil, Marthuni Rabu (2/11/2022).

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis bersama Kepala BPS Provinsi Aceh, Ahmadriswan Nasution, foto bersama dengan peserta focus group discussion (FGD) pembinaan statistik sektoral menuju satu data Indonesia dan pencanangan desa cinta statistik (Cantik) di ruang pertemuan Setdakab setempat, Rabu (2/11/2022) 

Kegiatan ini dilakukan di ruang pertemuan Setdakab Aceh Singkil yang dibuka Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, Rabu (2/11/2022).

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Badan Pusat Statistik ( BPS) Kabupaten Aceh Singkil, menggelar focus group discussion (FGD) pembinaan statistik sektoral menuju satu data Indonesia dan pencanangan desa cinta statistik (Cantik). 

Kegiatan ini dilakukan di ruang pertemuan Setdakab Aceh Singkil yang dibuka Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, Rabu (2/11/2022).

Sedangkan pematerinya Kepala BPS Provinsi Aceh, Ahmadriswan Nasution, dan pembicara lain yang dipandu Roswin Hakim sebagai moderator. 

Marthunis dalam kesempatan tersebut mengatakan, desa cantik sejalan dengan Program Desa Sigap Provinsi Aceh, yang akan dirinya terapkan di Aceh Singkil

Ia menyebutkan desa cantik dan desa sigap tersebut bisa diterapkan di seluruh desa di Aceh Singkil, sehingga ketika menentukan program semua berbasis data. 

Baca juga: Pj Bupati Aceh Singkil Targetkan Semua Faskes Terapkan Program Anak Lahir Langsung Dapat Akta Gratis

"Ini bisa diterapkan di seluruh desa Aceh Singkil. Ketika menentukan program sudah berdasarkan data," kata Marthunis. 

Sementara Kepala BPS Aceh, Ahmadriswan Nasution, menyebutkan desa cantik hadir untuk menjawab kebutuhan desa terhadap data. Tapi lantaran terbatasnya personel, BPS tidak dilakukan di semua desa. 

Ke depan sebutnya bila ingin diterapkan di desa lain, maka aparat lokal dari desa cantik yang sudah terlatih oleh BPS dapat melakukan di desa lain.

"Program ini tidak ada batasan waktu kapan dibutuhkan kami siap membantu," ujar Ahmadriswan Nasution.

Sebelumnya Plh Kepala BPS Aceh Singkil Nurmanuddin ucapkan terimakasih kepada Pemkab setempat yang selalu mendukung kegiatan BPS

Terkait pembinaan desa cantik pada tahun 2022 ini dilakukan di Desa Sukarejo, Kecamatan Simpang kanan. "Desa bersolek dengan data sehingga menjadi desa cantik nan mempesona," ujarnya. (*)

Baca juga: Sengkarut Dana Desa, Ratusan Keuchik Curhat ke Pj Bupati Aceh Singkil, dari BLT hingga Bimtek

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved