Breaking News:

Komoditi

Pada Oktober, Aceh Deflasi 0,25 Persen, Dampak Penurunan Harga Cabai Merah dan Komoditi Lain

Ahmad Riswan Nasution mengatakan, angka IHK Aceh yang kita hitung itu, merupakan angka IHK gabungan dari tiga kota, yaitu Kota Banda Aceh, Kota Lhokse

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
BPS Aceh
10 komoditas teratas yang mengalami inflasi dan deflasi di Aceh pada bulan Oktober 2021. 

Laporan Herianto l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM. BANDA ACEH - Penurunan harga pangan seperti, cabai merah, cabai rawit, cabai hijau, tomat, minyak goreng curah, telur ayam ras, daging ayam ras, udang basah, semangka, jeruk nipis dan lainnya, pada bulan Oktober 2022 lalu, telah membuat Indeks Harga Konsumen (IHK) Aceh pada bulan tersebut mengalami deflasi sebesar 0,25 persen.

"Untuk bulan November ini, agar IHK kita nanti tidak mengalami inflasi yang tinggi, pasokan kebutuhan pangan yang bisa mempengaruhi kenaikan harga, perlu kita jaga dengan pasokan barang yang cukup ke pasar,” kata Kepala BPS Aceh, Ahmad Riswan Nasution kepada Serambinews.com, Senin (1/11/2022).

Ahmad Riswan Nasution mengatakan, angka IHK Aceh yang kita hitung itu, merupakan angka IHK gabungan dari tiga kota, yaitu Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe dan Kota Meulaboh, Aceh Barat.

Untuk bulan Oktober 2022 lalu, sebut Ahmad Riswan, dari tiga kota tersebut, hanya Kota Banda Aceh saja yang IHK nya mengalami deflasi sebesar 0,49 persen, sedangkan Kota Lhokseumawe mengalami inflasi sebesar  0,04 persen dan Kota Meulaboh juga inflasi sebesar 0,19 persen.

VIDEO Perkuat Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Kelas II TPI Sabang Gelar Rakor TIMPORA

Piala Dunia 2022 - Qatar Akan Gratiskan Tiket Pesawat dan Hotel bagi Suporter dengan Syarat Ini

Setelah angka IHK dari tiga kota itu digabung menjadi satu, totalnya IHK Aceh bulan Oktober lalu menjadi deflasi sebesar 0,25 persen.

Jadi, menurut Ahmad Riswan, untuk mengendalikan angka inflasi Aceh, pemerintah Aceh bersama tiga Pemerintah Kota Banda Aceh, Pemerintah Kota Lhokseumawe dan pemerintah Kabupaten Aceh Barat, harus menjaga pasokan barang yang menjadi faktor pendukung kenaikan IHK harga pangan daerah setempat.

Karena, dengan Aceh deflasi pada bulan Oktober lalu, kata Ahmad Riswan, angka inflasi Aceh, mulai bulan  Januari sampai bulan  Oktober 2022, baru mencapai sebesar 5,05 persen.

“Kondisi inflasi tahun berjalan yang masih rendah itu, kata Kepala BPS Aceh, perlu terus diwaspadai oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) masing-masing daerah, dengan cara pemenuhan kebutuhan stok pangan di pasar, agar harganya tidak mengalami lonjakan yang tinggi,” ujar Ahmad Riswan.

Beberapa komoditi pangan yang harganya dari bulan Oktober sampai awal November 2022 ini, masih stabil seperti minyak goreng, telur ayam ras, ayam potong, cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, udang basah, semangka dan komoditi liannya, yang menjadi faktor pendukung deflasi pasokan stok barangnya terus dijaga, agar bisa mencukupi pasar.

Dan sebaliknya komoditi pangan yang menjadi faktor pendukung inflasi, seperti ikan, tempe, beras, ayam hidup, bahan bakar, pasokannya dicukupi agara harganya tidak naik terlalau tinggi, hingga membuat IHK kelompok pangan itu jadi naik.

Kepala BPS Aceh, Ahmad Riswan mengatakan, bulan Oktober lalau IHK Aceh mengalami deflasi, karena banyak bahan pangan yang mengalami penurunan harga. Cabai merah, cabai rawit, cabe hijau, tomat, dan bawanag merah mengalami penurunan harga.

Informasi yang kami peroleh dari berbagai sumber, kata Ahmad Riswan, harga komoditi pangan tersebut di atas, sampai bulan ini dan bulan depan, stok masih banyak ditingkat petaninya.

Seperti cabai merah, areal tanamannya di Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Pidie dan Pijay masih luas. Begitu juga bawang merah, tomat dan komoditi hortikultura lainnya.

“Kita harapkan harganya bisa bertahan seperti bulan lalu, sehingga angka inflasi tahun berjalan Aceh nanti tidak terlalu tinggi, dan daya beli masyarakat bisa kembali naik, dengan adanya stabilisasi harga," ujar Ahmad Riswan.(*)

Contoh Deksripsi Diri Untuk Pendaftaran PPPK Guru 2022,Ini Hal yang Bisa Dideskripsikan Sebagai Guru

Cek, Harga Emas di Pidie Hari Ini Rabu (2/11/2022)

Insya Allah Naik, Upah Minimum 2023 Diumumkan 21 November, Cek Daftar UMK Banda Aceh 3 Tahun Ini

       

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved