Breaking News:

Berita Nagan Raya

Tinjau Erosi yang Menggerus Jalan di Gelanggang Gajah, Pj Bupati Nagan Raya Relokasi Seorang Nenek

"Alhamdulillah setelah kami datang ke rumah yang bersangkutan, akhirnya nenek Ramlah mau dipindahkan ke tempat yang aman," kata Fitriany.

Penulis: Rizwan | Editor: Nurul Hayati
Dok. Diskominfotik
Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas meninjau jalan digerus erosi Krueng Tripa, Rabu (2/11/2022). 

"Alhamdulillah setelah kami datang ke rumah yang bersangkutan, akhirnya nenek Ramlah mau dipindahkan ke tempat yang aman," kata Fitriany.

Laporan Rizwan I Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas meninjau lokasi erosi Krueng Tripa di Gampong Geulanggang Gajah, Kecamatan Tripa Makmur, Rabu  (2/11/2022). 

"Terkait dengan kejadian ini pemerintah pusat telah menghubungi saya dan Alhamdulillah sudah diantisipasi oleh Kalak BPBD Nagan Raya selaku koordinator atas musibah ini," ujar Pj Bupati kepada wartawan.

Dalam peninjauan tersebut, Pj Bupati ikut didampingi Kalak BPBD, Kadis Sosial, Kepala Baitul Mall dan sejumlah SKPK terkait lainnya serta Forkopimcam Tripa Makmur dan keuchik Gampong Geulanggang Gajah. 

Jalan tersebut merupakan jalan provinsi Lamie - Langkak.

Untuk tahun 2022 ini, lanjut Fitriany, pemerintah daerah mendapat dana rehab rekon untuk penanganan jembatan.

 Tetapi hingga sekarang pada saat kejadian belum dapat dilaksanakan, terkendala karena pemda baru saja menandatangani MoU untuk penanganan jembatan ini.

Baca juga: Pj Bupati Nagan Raya Tinjau Erosi Gerus Jalan Lamie-Langkak di Gelanggang Gajah, Begini Tanggapannya

Fitriany juga menjelaskan, upaya saat ini yang dilakukan oleh pemerintah daerah yaitu, mengantisipasi agar tidak terputus komunikasi atau arus jalan yang dilalui oleh masyarakat setempat. 

"Dapat kami sampaikan bahwa, camat dan keuchik sudah berkoordinasi dan sudah sepakat, Alhamdulillah kita sudah mendapatkan izin untuk pembebasan lahan selebar empat meter kedepan, untuk pengambil alihan jalur yang saat ini belum terputus tapi akan terputus," jelasnya.

"Nanti dalam waktu dekat secepatnya, saya sudah perintahkan Pak Kalak untuk berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan dengan Baitul Mal Nagan Raya untuk penanganan sosialnya. Kita akan melakukan penutupan dan pembebasan lahan yang saat ini dialihkan untuk jembatan dengan lebar 4 meter dan panjang 100 meter, ini salah satu upaya yang telah dilakukan Pemda Nagan Raya," jelas Fitriany.

Baca juga: VIDEO Mengancam Perkebunan, Pj Bupati Abdya Tinjau Kondisi Erosi Krueng Susoh

Rumah digerus erosi

Pj Bupati Nagan Raya Fitriany, juga melihat rumah Nek Ramlah salah satu warga setempat yang terdampak erosi sungai Krueng Tripa. 

"Terkait dengan rumah warga  yang memang kita liat apabila tidak segera dipindahkan itu akan roboh, jadi sepertinya salah satu warga yang rumahnya dekat sungai tidak mau pindahkan.

"Alhamdulillah setelah kami datang ke rumah yang bersangkutan, akhirnya nenek Ramlah mau dipindahkan ke tempat yang aman," kata Fitriany.

"Alhamdulillah pak Kepala Sekretariat Baitul Mal mau membantu untuk membangun rumah nenek Ramlah tersebut," Fitriany.

Fitriany juga mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang telah memberikan informasi seperti ini.

"Kami juga mendapat dari teman wartawan, seperti yang saya sampaikan kemarin berikan kami info yang membangun dan kami antisipasi langsung di lapangan," ungkapnya.(*)

Baca juga: Perkebunan Rakyat Terancam, Pj Bupati Abdya Tinjau Kondisi Erosi Krueng Susoh

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved