Breaking News:

Video

VIDEO Melidi, Desa Terisolir di Pedalaman Aceh Timur dan Ganasnya Sungai Batu Katak

Menurut warga, sudah sering terjadi kecelakaan boat hingga memakan korban nyawa dan harta benda warga hanyut ke sungai.

Penulis: Zubir | Editor: Yuhendra Saputra

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Desa Melidi adalah permukiman penduduk yang berada di pedalaman Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur, termasuk Desa Tampur Paloh, Tampur Bor, HTI Ranto Naru.

Untuk menuju ke wilayah itu, jalur satu-satunya yang bisa ditempuh melalui Sungai Tamiang melewati Batu Katak 'sungai maut' sebutan warga Melidi.

Sungai itu mengaliri air dari daerah pegunungan Aceh Timur dan Lesten Aceh Tenggara bermuara akhir ke laut Aceh Tamiang.

Jika air sungai tidak tinggi dan tidak hujan, jarak tempuh Desa Melidi menuju Babo Aceh Tamiang antara 1,5 jam - 2 jam menggunakan transportasi boat mesin.

Apabila musim kemarau air sungai yang menyusut menyebabkan tidak bisa dilalui boat.

Menurut warga, sudah sering terjadi kecelakaan boat hingga memakan korban nyawa dan harta benda warga hanyut ke sungai.

Berapa tahun silam, seorang guru desa terpencil asal Bandung, Jawa Barat yang bertugas di desa pedalaman Aceh Timur ini meninggal dunia, karena boat yang ditumpangi terbalik di sungai Batu Katak.

Pemkab Aceh Timur maupun Pemerintah Aceh belum membangun fasilitas jalan serta jembatan untuk masyarakat di pedalaman Aceh Timur itu.

Bahkan anak-anak di sana sulit dapat pendidikan tingkat atas, karena di Desa Melidi dan 3 desa lainnya itu tidak ada SMA, anak-anak mereka harus tinggal di Babo, Kuala Simpang, Langsa dan lainnya supaya bisa sekolah di SMA.

Kesulitan lainnya lagi, warga yang hendak mengurus administrasi kependudukan harus menuju Kota Idi Aceh Timur, butuh waktu berhari-hari menyelesaikannya.

Padahal jika akses jalan tembus ke Simpang Jengkol daerah Babo Aceh Tamiang dibuka, hanya berjarak sekitar 20 km saja atau hanya butuh waktu 30 menit perjalanan.(*)

Baca juga: VIDEO Kejari Aceh Jaya Musnahkan Berbagai Jenis Barang Bukti

Baca juga: Pria Palestina Serang Tentara Israel dengan Kapak di Pos Pemeriksaan Ditembak Mati

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved