Breaking News:

Pilpres 2024

Anies Baswedan Safari Politik, PKS dan Demokrat: Tak Ada Deklarasi IndonesiaAnies, Koalisi Gagal?

dua partai koalisi yakni PKS dan Partai Demokrat ternyata tidak mendapat undangan dalam deklarasi relawan IndonesiaAnies pada 10 November mendatang.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
Instagram @aniesbaswedan
Anies Baswedan melakukan Safari Politik, PKS dan Demokrat: Tak Ada Deklarasi IndonesiaAnies, Koalisi Gagal? 

Anies Baswedan Safari Politik, PKS dan Demokrat: Tak Ada Deklarasi IndonesiaAnies, Koalisi Gagal?

SERAMBINEWS.COM – Bakal Calon Presiden dalam Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024, Anies Baswedan sudah memulai safari politiknya.

Anies Baswedan melakukan safari politik di kota menantu Presiden Joko Widodo, Boby Nasution di Medan, Provinsi Sumatera Utara pada Jumat (4/11/2022) kemarin.

Dalam kurun waktu 2 hari di Medan, Anies Baswedan akan mengunjungi berbagai rangkaian acara mulai dari bertemu dengan para relawan, para tokoh lintas etnis dan lintas agama.

Kendati Anies terus melakukan safari politik, dua partai koalisi yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat ternyata tidak mendapat undangan dalam deklarasi relawan IndonesiaAnies pada 10 November 2022 mendatang.

Baca juga: 70 Pastor Dukung Anies Baswedan, Keuskupan Agung Medan: Jangan Halalkan Segala cara

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyampaikan alasan tidak diundangnya Partai Demokrat dan PKS pada deklarasi tersebut.

Ia menyampaikan bahwa Partai Nasdem hadir karena menjadi satu-satunya partai politik (parpol) yang telah resmi mendukung Anies sebagai calon presiden (capres).

“Partai itu memiliki mekanisme sendiri-sendiri. Nasdem sendiri itu untuk menetapkan Mas Anies (capres) cukup panjang (prosesnya), jadi mulai dari Juni, bahkan sebelumnya sampai Rakernas kita tetapkan,” ujar Ali dikutip dari Kompas.com

Namun demikian, Ali menampik jika IndonesiAnies merupakan relawan yang dibentuk oleh Partai Nasdem.

Ia mengeklaim relawan IndonesiAnies bakal bekerja untuk parpol lain yang sama-sama bekerja untuk pemenangan Anies.

Baca juga: Viral Video 70 Pastor Dukung Anies Baswedan, Keuskupan Agung Medan: Jangan Menghalalkan Segala cara

PKS Bisa Pindah Koalisi

Direktur Lembaga Kajian Politik, Nusakom Pratama Ari Junaedi menilai PKS bisa bergabung ke  koalisi Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurutnya, keputusan itu bisa diambil karena kepentingan PKS dinilai sulit diakomodir oleh dua calon mitra koalisinya, Partai Nasdem dan Partai Demokrat.

“Sejauh ini Demokrat begitu menggebu-gebu ingin menyandingkan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai ‘calon pengantin’ bagi Anies Baswedan,” kata Ari pada Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved