Breaking News:

Video

VIDEO Kemenag Pantau Gerhana Bulan Total

Dalam pelaksanaan kegiatan, santri begitu antusias memadati enam unit teleskop astronomi yang telah disiapkan untuk melihat fenomena langka itu.

Penulis: Hendri Abik | Editor: Yuhendra Saputra

Laporan Hendri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Aceh melakukan pemantauan proses terjadinya gerhana bulan total yang melintasi langit Aceh, Selasa (8/11/2022).

Kegiatan tersebut dipusatkan di lantai 3 Ma'had Darut Tahfiz Al Ikhlas, Desa Ajuen, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Dalam pelaksanaan kegiatan, santri begitu antusias memadati enam unit teleskop astronomi yang telah disiapkan untuk melihat fenomena langka itu.

Fenomena langka sore hingga malam dimanfaatkan mereka sebagai bahan observasi bersama pembelajaran ilmu astronomi.

Kepada wartawan, Ketua Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh Alfirdaus Putra menjelaskan, fenomena gerhana bulan terjadi sejak pukul 15.08 WIB yang diawali dengan gerhana bulan penumbra. 

Kemudian, akan terjadi gerhana bulan sebahagian pada pukul 16.08 WIB. Awal gerhana bulan total tersebut akan terjadi pada pukul 17.16 WIB dan puncak gerhana tersebut akan berakhir pada pukul 18.42 WIB. 

Setelah gerhana bulan total, fenomena berlanjut dengan gerhana bulan sebagian hingga pukul 19.49 WIB dan akhir penumbra terjadi pada pukul 20.57 WIB.  

"Secara keseluruhan, gerhana terjadi selama 5 jam 57 menit, akan tetapi wilayah Aceh hanya dapat menikmati gerhana ini selama 1 jam 32 menit, sejak pukul 18.17 ketika bulan mulai terbit di arah timur," ujarnya.(*)

Baca juga: Persiapan PORA di Pidie Terus Dipacu, Ditargetkan 30 November Difungsikan

Baca juga: Gisella Anastasia dan Rino Soedarjo, Mengaku Mentok Tanpa Briefing hingga Jawaban atas Doanya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved