Breaking News:

Video

VIDEO Hukum Meninggalkan Shalat Jumat, Ternyata Dosanya Lebih Besar daripada Tak Shalat Wajib

Pengerjaan amalan ini dilakukan seminggu sekali tepatnya pada hari Jumat.

Editor: Syamsul Azman

Baca berita

SERAMBINEWS.COM - Shalat Jumat merupakan kewajiban yang harus dikerjakan bagi laki-laki yang sudah baligh.

Pengerjaan amalan ini dilakukan seminggu sekali tepatnya pada hari Jumat.

Hari Jumat, merupakan hari istimewa dalam Islam, banyak keutamaan dan fadhilah yang bisa diperoleh apabila memperbanyak amalan.

Selain memperbanyak amalan pada hari Jumat, ada ibadah yang wajib dilaksanakan bagi Muslim (laki-laki) yakni Shalat Jumat berjamaah.

Shalat Jumat wajib dilaksanakan bagi laki-laki Muslim yang telah balig dan apabila meninggalkannya dosa lebih berat daripada meninggalkan shalat fardhu.

Dr Tgk Sirajuddin Saman, MA yakni Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar, Gampong Deunong Kec. Darul Imarah Aceh Besar menjelaskan hukum meninggalkan shalat Jumat.

Pembina Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) ini menerangkan apabila tiga kali meninggalkan shalat Jumat, maka seorang Muslim bisa menjadi seorang munafik.

Selanjutnya, mengenai tiga kali meninggalkan shalat Jumat seorang muslim menjadi kafir, Abu Sirajudin mengatakan belum menemukan nash mengenai penjelasan tersebut.

Abu Sirajudin pula mengatakan, dosa meninggalkan shalat Jumat lebih berat daripada dosa meninggalkan shalat fardhu, namun shalat Jumat memiliki keringanan.

Seperti seorang yang sakit, atau ada keadaan yang membuatnya tidak bisa shalat Jumat seperti cuaca hujan, maka seorang muslim diperbolehkan tidak shalat Jumat namun mengantinya dengan shalat fardhu.(*)

Narator: Suhiya
Editor: Syamsul Azman Yr

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved