Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Tambah Pelanggan, PDAM Ie Beusaree Rata Lhokseumawe Pasang Pipa Baru untuk Dua Gampong di Muara Dua

“Nanti setelah itu baru ada tim dari IBR yang akan turun ke rumah warga untuk memasang instalasi jaringan air bersih,” sebut Safrial.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Alat berat mengerjakan penggalian untuk pemasangan pipa air PDAM IBR untuk sambungan ke rumah di Desa Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Sabtu (12/11/2022). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Sebanyak 500 lebih rumah warga di dua desa dalam Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe akan menikmati air bersih pada tahun 2023.

Di mana saat ini pihak Pemko Lhokseumawe melalui Dinas PUPR setempat telah mengadakan pipa air untuk ditanam di dua desa yaitu Panggoi dan Meunasah Mesjid.

Direktur PDAM Ie Beusare Rata, Safrial mengatakan, pipa tersebut dipasang oleh rekanan yang telah ditunjuk oleh Dinas PUPR.

Nantinya setelah dipasang pada titik yang telah ditentukan, baru aset tersebut diserahkan ke pihak PDAM IBR untuk dikoneksikan ke tempat pengolah air di Rancong.

Safrial menyebutkan, saat ini pekerjaan penggalian tanah sedang dilakukan oleh pihak rekanan. Selanjutnya, pipa air tersebut ditanam.

“Nanti setelah itu baru ada tim dari IBR yang akan turun ke rumah warga untuk memasang instalasi jaringan air bersih,” sebut Safrial kepada Serambinews.com, Sabtu (12/11/2022).

Baca juga: Air PDAM Macet di Sejumlah Kecamatan, Pompa Intake di WTP Pasir Lamgarot Rusak

Ia menambahkan, kemungkinan tahun depan warga Kecamatan Muara Dua, yaitu di dua desa tersebut sudah bisa menikmati air bersih yang dialiri dari kawasan Rancong, tempat pengolahan air oleh PDAM IBR.

“Jadi ini, warga akan didata dulu, siapa yang ingin berlangganan maka akan datang petugas untuk dipasang,” tambahnya.

Kemudian, lanjutnya, untuk biaya pemasangan nantinya gratis, tidak dipungut biaya apa pun dari para pemilik rumah yang ingin memasang jaringan air bersih dari PDAM IBR Lhokseumawe.

“Tidak ada melalui pihak lain untuk memasang jaringan air itu, sehingga ada petugas yang akan mendatangi nanti untuk instalasi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, saat ini sambungan rumah air PDAM IBR Lhokseumawe berjumlah 2.418 pelanggan aktif.

Sedangkan yang tergolong tidak aktif berjumlah 71 pelanggan.

Baca juga: Siap-siap! Besok PDAM Matikan Suplai Air untuk Pelanggan di Wilayah Seulimeum Aceh Besar

Sementara untuk pemasangan pipa baru di Kecamatan Muara Dua tersebut nantinya akan disambungkan ke 530 sambungan rumah.

Sehingga pada tahun 2023, pihak PDAM IBR Lhokseumawe telah menambah jaringan pelanggan untuk wilayah Kecamatan Muara Dua.

“Ini kita pilih daerah yang lokasi airnya tidak bersih. Nantinya warga dengan adanya sambungan air dari PDAM, maka sudah bisa menikmati suplai air bersih,” pungkasnya.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved