Breaking News:

Internasional

Kapal Perang AS Tangkap dan Tenggelamkan Kapal Nelayan Iran Pengangkut 70 Ton Bahan Peledak ke Yaman

Armada Kelima Angkatan Laut AS, Selasa (15/11/2022) mengatakan telah menangkap kapal penangkap ikan yang menyelundupkan bahan peledak dari Iran.

Editor: M Nur Pakar
AP
Pasukan Angkatan Laut AS menaiki kapal nelayan dari Iran yang mengangkut bahan peledak ke Houthi di Teluk Oman pada Minggu (13/11/2022). 

SERAMBINEWS.COM, DUBAI - Armada Kelima Angkatan Laut AS, Selasa (15/11/2022) mengatakan telah menangkap kapal penangkap ikan yang menyelundupkan bahan peledak dari Iran.

Kapal nelayan itu ditangkap di Teluk Oman yang telah digunakan untuk lalu lintas senjata ke kelompok milisi Houthi Yaman.

Pasukan Amerika Serika (AS) menemukan lebih dari 70 ton amonium perklorat yang biasa digunakan untuk membuat roket dan bahan bakar rudal serta bahan peledak.

Koalisi yang memerangi Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman sejak 2015 telah berulang kali menuduh Iran memasok senjata kepada kelompok itu, tuduhan yang dibantah Teheran.

“Ini bahan peledak dalam jumlah yang sangat besar," kata Wakil Laksamana Brad Cooper, Komandan Komando Pusat Angkatan Laut AS, Armada ke-5 dan Pasukan Maritim Gabungan AS.

"Cukup untuk bahan bakar selusin rudal balistik jarak menengah, tergantung pada ukurannya,” tambahnya.

Baca juga: Rusia dan Iran Perkuat Hubungan, Rudal Segera Dikirim Kembali ke Moskow

“Pengalihan bantuan mematikan yang melanggar hukum dari Iran tidak luput dari perhatian," jelasnya.

" Iran tidak bertanggung jawab dengan mengarah pada kekerasan dan ketidakstabilan di Timur Tengah,” tambahnya.

Tidak ada komentar langsung Iran atas tuduhan itu.

Kapal yang dicegat itu memiliki empat awak Yaman dan juga membawa 100 ton pupuk urea, yang digunakan dalam pertanian tetapi juga untuk membuat bahan peledak.

Pasukan AS menenggelamkan kapal pada Minggu (13/11/2022) di Teluk Oman.

Disebutkan, kapal nelayan itu membahayakan navigasi untuk pelayaran komersial dan awaknya diserahkan ke penjaga pantai Yaman.

Pada Desember 2021 lalu, Armada Kelima menyita kargo senapan serbu dan amunisi dari sebuah kapal penangkap ikan yang diyakini berasal dari Iran untuk memasok Houthi.(*)

Baca juga: Kapal Perang Inggris Sita Rudal Canggih Iran Menuju Yaman di Teluk Oman

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved