Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Dua Kecamatan di Aceh Selatan Kembali Terendam Banjir

Banjir terjadi di beberapa desa di Kecamatan Trumon Timur dan Trumon Tengah yang dilalui sungai Lawe Soraya.

Penulis: Ilhami Syahputra | Editor: Taufik Hidayat
Dok BPBD
Dua Kecamatan di Aceh Selatan kembali di rendam banjir sejak 17 November 2022 akibat hujan lebat dan luapan air sungai, Minggu (20/11/2022) 

Laporan Ilhami Syahputra | Aceh Selatan 

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Dua Kecamatan di Aceh Selatan kembali terendam banjir sejak 17 November 2022 akibat hujan lebat dan luapan air sungai.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, H. Zainal, Minggu (20/11/2022) mengatakan bencana banjir merendam dua kecamatan masing-masing Trumon Timur dan Trumon Tengah.

"Banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang mengguyur wilayah Aceh Tenggara yang merupakan hulu sungai Lawe Soraya yang bermuara di Aceh Selatan dan Aceh Singkil, sehingga mengakibatkan air meluap," Kata Zainal. 

Khususnya daerah yang dilalui oleh sungai Lawe Soraya yang berdampak terhadap beberapa Gampong di Kecamatan Trumon Timur dan Trumon Tengah.

Zainal mengatakan bahwa ketinggian air bervariasi antara 10 hingga 80 centimeter 

"Untuk saat ini air sudah berangsur surut di Gampong Lhok Raya, Cot Bayu, Padang Harapan dan Jambo Dalem, Ketinggian air turun lima centimeter dari kemarin tanggal 19 November" Ungkapnya 

Ia menyebutkan bahwa akses jalan menuju Gampong Cot Bayu belum bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dan empat

Adapun warga yang terdampak untuk kecamatan Trumon Timur, Gampong Jambo Dalem mencapai 223 jiwa dari 54 kepala keluarga.

Sedangkan Kecamatan Trumon Tengah yakni di Gampong Lhok Raya 36 jiwa dari KK 10, Gampong Cot Bayu 273 jiwa dari KK 73, Gampong Padang Harapan 350 jiwa KK 85. "Petugas terus siaga dan melakukan penanganan di lokasi banjir," pungkasnya.(*)

Baca juga: VIDEO - Dampak Banjir, Dua Jembatan dan Satu Rumah Di Makmur Bireuen Rusak

Baca juga: Bukan Cuma Cristiano Ronaldo, Ada 8 Pemain Pemberontak di Man United tapi Tak Diekspos

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved