Breaking News:

Internasional

Menteri Pertahanan AS Peringatkan Potensi Spiral Nuklir, NATO Tidak Akan Diseret ke Perang Ukraina

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin memperingatkan potensi spiral proliferasi nuklir yang berbahaya dari invasi Rusia ke Ukraina.

Editor: M Nur Pakar
New York Times
Menteri Pertahanan AS, Lyod Austin 

SERAMBINEWS.COM, OTTAWA - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin memperingatkan potensi spiral proliferasi nuklir yang berbahaya dari invasi Rusia ke Ukraina.

Austin juga mengatakan pada konferensi keamanan di Kanada bahwa NATO tidak akan terseret ke dalam perang pilihan Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina.

"Invasi Rusia menawarkan pratinjau kemungkinan dunia tirani dan kekacauan," kata Austin di Forum Keamanan Internasional Halifax di Kanada.

“Ini menjadi undangan ke dunia yang semakin tidak aman yang dihantui oleh bayang-bayang proliferasi nuklir," jelasnya, seperti dilansir AP, Minggu (20/11/2022).

“Rekan-rekan otokrat Presiden Rusia sedang menonton," ujarnya.

Baca juga: Polandia Bantah Rusia Serang Negaranya, Tuduh Ukraina Sebagai Pelaku, NATO Tetap Salahkan Kremlin

"Mereka dapat menyimpulkan bahwa memiliki senjata nuklir akan memberi mereka izin berburu sendiri,” kata Austin.

Sedangkan Perdana Menteri Rishi Sunak pada Sabtu (19/11/2022) melakukan kunjungan pertamanya ke Kiev sejak menjabat pada Oktober 2022.

Sunak ingin menegaskan dukungan berkelanjutan Inggris untuk upaya perang Ukraina.

Inggris akan menyediakan peralatan pertahanan udara senilai £50 juta ($59 juta) untuk membantu melindungi Ukraina dari rentetan serangan Rusia terhadap infrastruktur penting.

Dalam sebuah posting Facebook, Presiden Ukraina mengatakan keduanya membahas masalah paling penting, baik untuk negara maupun untuk keamanan global.(*)

Baca juga: Sekjen NATO Tegaskan Bantuan Drone dan Rudal Balistik Iran ke Rusia Tidak Dapat Diterima

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved