Breaking News:

info BPVP Banda Aceh

BPVP Banda Aceh Gelar Gathering Industri 2022

Kegiatan tersebut diikuti oleh pelaku usaha dan industri, Pemerintah Daerah dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Industri maupun Swasta se Provinsi Aceh.

Editor: IKL
FOR SERAMBINEWS.COM
BPVP Banda Aceh, FKLPID berfoto bersama peserta Gathering Industri 2022 yang terdiri dari berbagai unsur, Pemerintah, pelaku usaha dan industri. 

SERAMBINEWS.COMM, BANDA ACEH - Dalam upaya mendorong peningkatan kerjasama dan sinergitas antar lini lembaga, baik Pemda maupun swasta di bidang pelatihan dan penempatan tenaga kerja di Provinsi Aceh, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh melaksanakan Gathering Industri tahun 2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh pelaku usaha dan industri, Pemerintah Daerah dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Industri maupun Swasta se Provinsi Aceh.

Agenda utama Gathering Industri tahun 2022 ini adalah bersama-sama Dunia Usaha Dunia Industri (Dudi), pemda dan swasta duduk bersama mencari formula tentang out put dari pelatihan kerja yang selama ini dilaksanakan oleh BPVP Banda Aceh.

Seyogyanya para peserta alumni pelatihan kerja baik yang dilaksanakan oleh BPVP Banda Aceh ataupun LPK dan Dudi dapat terserap di dunia kerja ataupun dapat berdikari secara mandiri.

Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan Kementerian Ketenagakerjaan Syamsi Hari, SE, MM, dalam sambutannya saat membuka acara, mengatakan, BPVP Banda Aceh adalah Unit Pelaksana Teknis Pusat dari Kementerian Ketenagakerjaan agar dapat dimanfaatkan keberadaannya oleh pihak manapun yang berkepentingan.

Syamsi Hari mengajak seluruh pengusaha, pemerintah daerah, BUMN, instansi dan lembaga untuk bersama membangun iklim ketenagakerjaan yang kondusif di Aceh dan mengintegrasikan kegiatan pelatihan agar sesuai dengan kebutuhan industri.

BPVP Banda Aceh sebagai salah satu LPK milik pemerintah memiliki peran dalam penyiapan tenaga kerja yang terampil, Kompeten, handal dan profesional. Namun hingga saat ini peran tersebut dinilai belum optimal.

Untuk membantu BPVP Banda Aceh mengintegrasikan kegiatan pelatihan dalam fungsi Link and Match, maka Dirjen Binalavotas Kemnaker mendorong BPVP untuk membentuk Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah (FKLPID).

Forum ini akan berperan sebagai jembatan dan wadah komunikasi antara LPK, khususnya BPVP Banda Aceh dengan Industri yang mengacu pada potensi ekonomi daerah, perkembangan Dunia usaha dan kebijakan pembangunan daerah.

Sementara itu, Kepala BPVP Banda Aceh Rahmad Faisal juga memberikan angin segar dengan menyampaikan sedikit bocoran yaitu bahwa BPVP Banda Aceh memiliki anggaran yang sangat besar untuk seluruh masyarakat di Provinsi Aceh yang ingin mendapatkan atau meningkatkan keterampilan dan kompetensinya, ataupun pihak DUDI baik pemerintah maupun swasta yang berkepentingan dalam peningkatan mutu Skill pekerjanya.

Rahmad Faisal menambahkan, acara Gathering Industri 2022 ini juga sebagai wadah untuk menampung ide-ide dan saran tentang Pelatihan apa yang dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan atau hal lainnya yang berkaitan dengan pelatihan dan penempatan kerja.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved