Breaking News:

Internasional

Tentara Israel Bersama Buldozer Serbu Timur Nablus, Tiga Warga Palestina Terluka

Tentara Israel dalam jumlah besar bersama alat berat buldozer menyerbu Kota Nablus, Tepi Barat, Palestina pada Rabu (23/11/2022).

Editor: M Nur Pakar
AFP
Pasukan Israel melakukan operasi militer di Nablus, Tepi Barat, Palestina untuk menangkap pejuang Lions Den, Rabu (26/10/2022) 

SERAMBINEWS.COM, RAMALLAH - Tentara Israel dalam jumlah besar bersama alat berat buldozer menyerbu Kota Nablus, Tepi Barat, Palestina pada Rabu (23/11/2022).

Tindakan militer Israel itu disebut sebagai persiapan untuk kunjungan pemukim Yahudi ke Makam Yusuf.

Namun, sempat terjadi bentrokan hebat saat pasukan Israel melepaskan tembakan dan menggunakan granat kejut dan gas air mata untuk membubarkan aksi protes warga Palestina.

Serangan pasukan Israel itu menyebabkan tiga warga Nablus terluka.

Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan kematian Ahmed Shehadeh (16) setelah peluru yang ditembakkan tentara Israel menembus jantungnya saat menyerbu Nablus pada Selasa (22/1/2022) malam.

Kementerian Luar Negeri Palestina langsung mengutuk pembunuhan Shehadeh.

Baca juga: Palestina Tuduh Israel Ciptakan Tong Mesiu Pembunuh Massal Manusia

Dengan menyebutn sebagai perpanjangan dari serangkaian pembunuhan di luar hukum dan merupakan bagian integral dari penargetan Israel terhadap anak-anak Palestina.

Eyal Alima, seorang analis militer Israel kepada Arab News, Kamis (24/11/2022) mengatakan pemboman Jerusalem mewakili kegagalan dinas keamanan Israel melakukan pencegahan.

“Saya tidak berpikir, itu indikasi kembalinya operasi pengeboman skala besar, seperti yang terjadi selama intifada kedua," ujarnya.

Dia beralasan tentara Israel menguasai tanah di Tepi Barat dan Jerusalem.

Sehingga, tidak ada struktur militer yang kuat untuk organisasi Palestina yang memungkinkan mereka membuat bom atau mengirim pembom ke Israel, tambahnya.

Alima menggambarkan situasi di Tepi Barat sedang menuju peningkatan kekerasan.

Baca juga: Pasukan Israel Serbu Kota Nablus, Seorang Remaja Palestina Tewas

Terutama jika tentara Israel terus melancarkan operasi militer di kamp Jenin untuk mengambil jenazah pemuda Druze.

Sebelumnya, dua bom meledak di halte bus pinggiran Jerusalem menewaskan seorang anak laki-laki Israel berusia 16 tahun dan melukai sedikitnya 18 orang lainnya pada Rabu (23/11/2022).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved